Jambi (ANTARA) - PetroChina International Jabung Ltd sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas memperpanjang kontrak sebagai operator Wilayah Kerja Jabung di Provinsi Jambi untuk periode 2023-2043.

Presiden Direktur PetroChina Indonesia Qian Mingyang di Jambi, Selasa, mengatakan manajemen dan seluruh pekerja wilayah kerja Jabung menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas, mitra Jabung, serta seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan semangat kolaborasi untuk pengelolaan Jabung di tahun-tahun mendatang.

“Mendapatkan kepercayaan untuk melanjutkan pengelolaan Wilayah Kerja Jabung tahun 2023 – 2043 merupakan kehormatan yang besar bagi PetroChina. Ini awal baru bagi Jabung untuk mencatat pencapaian-pencapaian yang lebih tinggi,” kata dia.

PetroChina telah mengoperasikan wilayah kerja Jabung sejak 2002 dan membukukan produksi harian rata-rata yang stabil di atas 50.000 BOEPD sejak 2006.

Baca juga: SKK Migas-Petrochina bangun jalan masuk Zabak Sirkuit Jambi

Menurut dia, Jabung akan menjadi salah satu pilar penyokong upaya pemerintah Republik Indonesia mencapai target 1 juta BOPD dan 12 BSCFD gas di 2030. Dalam pengelolaan Jabung ke depan, PetroChina terus menempatkan keamanan operasi dan pekerja sebagai prioritas utama.

Jabung juga memiliki tantangan lain, yaitu usia blok yang menua yang bisa mengakibatkan penurunan produksi. PetroChina berkomitmen menggunakan teknologi-teknologi baru untuk mengatasi tantangan ini.

Di bawah pengawasan SKK Migas, PetroChina akan terus mengoperasikan wilayah kerja Jabung dengan PT Pertamina Hulu Energi Jabung, PT GPI Jabung Indonesia, dan PETRONAS Carigali (Jabung) Ltd, sebagai mitra.

Sementara itu Gubernur Jambi Al Haris mengatakan siap memastikan dukungan pemerintah daerah dalam keberlanjutan operasional Jabung.

Baca juga: Disnaker minta perusahaan migas di Jambi laporkan subkontraktor

Saat ini Jabung menempati posisi ketujuh dalam produksi minyak dan gas di antara KKKS lain di Indonesia. Ke depan wilayah kerja Jabung memiliki banyak target untuk dicapai, dan SKK Migas menantikan peran Jabung yang lebih besar dalam peningkatan produksi dan pemanfaatan teknologi baru.

Pada tahun 2022, PetroChina mencatatkan realisasi lifting harian rata-rata sebesar 15.618 BOPD minyak dan kondensat serta 173 MMSCFD gas. PetroChina juga telah memulai uji coba lapangan (field trial) CO2 Injection Huff & Puff di sumur minyak Gemah-6 di Wilayah Kerja (WK) Jabung di Tanjung Jabung Timur pada akhir 2022.
 

Pewarta: Tuyani
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023