Jayapura (ANTARA) - Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengakui enam wisatawan yang menjadi penumpang kapal Vivie Rae II berbendera Marshall Island telah dievakuasi ke Australia.
 
"Memang benar dari laporan yang diterima ternyata enam wisatawan yang sebelumnya dijadwalkan ke Sorong telah dievakuasi ke Australia. Namun kapal tetap berada di sebelah selatan Pulau Komoran berjarak sekitar 300 km dari dermaga Merauke," kata Supriyanto Ridwan, Selasa.
 
Dia mengstakan, keenam wisatawan itu dievakuasi ke Australia, Senin (6/3) sekitar pukul 10.26 WIT dengan menggunakan kapal.
 
Sedangkan KM.Vivirae II masih berada di lokasi kejadian tanpa penumpang dan akan ditarik ke dermaga Merauke dalam beberapa hari ke depan, jelas Supriyanto yang dihubungi dari Jayapura.
 
KM. Vivie Rae II, yang merupakan kapal pesiar dengan panjang 24 meter dan lebar 7 meter ini bertolak dari Marshall Island pada tanggal 26 Februari lalu dengan tujuan ke Sorong dengan membawa enam wisatawan yaitu Jean Pierre van Wyngaard (Afrika Selatan/35 tahun), Taylor Marie Loehrer (USA/31 tahun), Shahinaz Al Sibahi Alarnaout (United Kingdom/35 tahun), J-Dean Shane Van Der Westhuisen (Afrika Selatan/31 tahun), Matthew Robert Gyorffy (kanada/30 tahun), Olivia Di Velice (Kanada/31 tahun).
 
Kapal naas itu dilaporkan terombang-ambing di laut Arafuru, sejak Kamis (2/3) setelah mengalami kerusakan mesin akibat baling-baling terlilit tali .
   

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023