Info dari dokter korban harus rujuk ke operasi karena harus dijahit,
Lewoleba (ANTARA) - Tim SAR gabungan telah mengevakuasi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Australia yang membutuhkan tindakan medis saat berlayar melintasi Perairan Batoga, Kota Baru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ada luka di kaki kiri korban sehingga korban dievakuasi ke Pelabuhan Wuring pada pukul 02.35 WITA dan langsung dievakuasi ke RSUD TC Hillers Maumere untuk ditangani oleh tim medis," kata Kepala Subseksi Sumber Daya Basarnas Maumere Karel Roni Ileng dari Maumere, Kabupaten Sikka, Minggu.

Basarnas Maumere telah menerima informasi dari Basarnas Command Center Jakarta bahwa seorang WNA Australia yang menggunakan Yacht SV Kofikat berlayar dari Kupang menuju Lombok membutuhkan medical evacuation di Perairan Batoga, Kota Baru Ende, yang berjarak sekitar 16 Nautical Mile  (NM) dari Pelabuhan Wuring Maumere, Kabupaten Sikka, Sabtu malam.

Korban bernama Euan Ross Mc Kinnon (57) berjenis kelamin laki-laki berada di atas kapal bersama temannya yang berkewarganegaraan Selandia Baru dan Perancis.

Baca juga: Tim SAR Gabungan evakuasi 13 penumpang kecelakaan kapal di Labuan Bajo

Saat melakukan aktivitas, korban mengalami kecelakaan sehingga kaki kiri terluka.

Tim SAR Gabungan bergerak ke lokasi kejadian pada pukul 22.00 WITA dan mengevakuasi korban menuju Pelabuhan Wuring, Kabupaten Sikka, yang kemudian dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit daerah.

Berdasarkan informasi dari tim medis Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD TC Hillers Maumere, kondisi luka korban di kaki sebelah kiri merupakan luka terbuka dan cukup besar.

"Info dari dokter korban harus rujuk ke operasi karena harus dijahit," kata Karel.

Baca juga: Basarnas Maumere selamatkan lima nelayan di Sikka NTT

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023