Menjaga netralitas TNI AL dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan harga mati.
Kendari (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari meminta seluruh prajurit TNI AL dan seluruh jajarannya agar tidak terlibat politik praktis dalam pemilu maupun pilkada serentak mendatang.

"Terkait dengan pemilu dan pilkada, saya menegaskan bahwa TNI harus bersikap netral dan turut serta membantu pengamanan dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024," kata Letkol Abdul Kadir.

Danlanal Kendari Kendari memberikan penegasan untuk menjaga netralitas kepada jajarannya di Posal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, saat melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan Markas Komando (Mako) Lanal di daerah tersebut.

Letkol Abdul Kadir menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL di daerah tersebut agar bersikap, netral baik terhadap partai politik maupun pasangan calon tertentu, serta membantu pengamanan pengamanan dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ia menegaskan bahwa menjaga netralitas TNI AL dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan harga mati.

Baca juga: Yudo Margono jamin netralitas TNI di Pemilu 2024
Baca juga: Panglima TNI siap ikuti instruksi Presiden soal netralitas politik TNI

 
Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari bersama jajaran di Posal Baubau, Selasa (7/3/2023). ANTARA/Saharuddin


Letkol Abdul Kadir menandaskan bahwa mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi merupakan tugas pemerintah daerah, termasuk TNI dan Polri.

Danlanal menegaskan bahwa pihaknya bakal memberikan sanksi tegas bagi para prajurit Jalasena yang mencoba terlibat politik praktis dan tidak bersikap netral saat pemilu nanti.

"Menjaga netralitas merupakan instruksi langsung pimpinan TNI AL," katanya.

Ketika ditemukan ada anggota yang tidak netral, pihaknya akan proses sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.

Selain itu, Danlanal Kendari juga meminta jajaran Posal Baubau agar meningkatkan sinergi dan kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan Lanal Baubau, terutama kesiapan lahan dan infrastruktur penunjang lainnya.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023