Kerja sama ini merupakan inisiatif perseroan untuk memberikan nilai tambah bagi BPR di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri menjalin sinergi dengan sejumlah bank perkreditan rakyat (BPR) dan BPR syariah untuk meningkatkan digitalisasi layanan perbankan di Tanah Air guna memperluas akses masyarakat kepada layanan keuangan.

“Kerja sama ini merupakan inisiatif perseroan untuk memberikan nilai tambah bagi BPR di Indonesia, dimana digitalisasi merupakan sebuah kewajiban agar sebuah perusahaan bisa bersaing di era modern ini.” kata Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Kerja sama yang dilakukan meliputi kerja sama Bank Induk dimana Bank Mandiri menghubungkan BPR dengan jaringan GPN dan kerja sama Non-Bank Induk dimana BPR dapat mengakses Mandiri Virtual Account, API Retail, Co-branding & Topup Emoney, dan QRIS.

Di samping itu, juga terapat kerja sama BPR dengan MAD (Mandiri Auto Debit) dan penyediaan solusi retail dan wholesale bank lain termasuk melalui Livin' by Mandiri dan Kopra by Mandiri.

Adapun kerja sama dilakukan dengan BPR Supra Artapersada, BPR Barelang Mandiri, BPR Dana Nusantara, BPR Hasamitra, BPR Modern Express, BPR Surya Yudhakencana, BPR Surya Yudha, BPR Lestari, BPR Universal, BPR Bhakti Daya Ekonomi dan BPR Cinde Wilis.

Baca juga: Bank Mandiri sematkan fitur pemesanan SBN Ritel di aplikasi Livin'

Baca juga: Bank Mandiri dukung berbagai ajang di Sirkuit Mandalika NTB


Aquarius mengatakan, pihaknya juga akan fokus pada BPR yang sudah memiliki izin menjadi penerbit kartu ATM atau memiliki peta jalan digitalisasi ke depan.

“Secara teknologi BPR yang sudah memiliki izin kartu ATM lebih memiliki kesiapan teknologi dan infrastruktur yang baik. Di samping itu kami juga kami fokus kepada BPR yang memiliki roadmap digitalisasi untuk melayani nasabah,” katanya.

Lebih lanjut, kolaborasi ini turut membuka layanan bagi nasabah BPR untuk dapat melakukan transaksi di ATM jaringan GPN, dimana saat ini tercatat lebih dari 81.727 mesin ATM telah terhubung di jaringan GPN.

"Ke depan, Bank Mandiri berencana untuk terus melakukan ekspansi kerja sama dengan BPR dan BPRS di Indonesia guna mendukung kebijakan regulator dalam layanan digitalisasi BPR dan BPRS," ucapnya.

Baca juga: Bank Mandiri raih Indonesia's Best FX Bank 2023 versi Global Finance

Baca juga: Bank Mandiri dukung pembiayaan di sektor hilirisasi


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023