Kunci bagi BPR Tapin dalam melayani nasabah yakni keluwesan dan kecepatan.
Tapin, Kalsel (ANTARA) - Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih penghargaan Top BUMD Award 2024 dari Majalah Business di Jakarta.

Direktur Bank Tapin Hipka Mubadi mengatakan penghargaan tersebut diberikan, karena pertumbuhan sehat bank dari tahun ke tahun serta layanan kepada nasabah yang baik.

"Kunci bagi BPR Tapin dalam melayani nasabah yakni keluwesan dan kecepatan. Keluwesan ini diartikan, kami mengutamakan pendekatan personal dan fleksibilitas model pinjamannya, sedangkan kecepatan artinya proses layanan cepat, persyaratan mudah dan bunga ringan,” katanya saat dikonfirmasi di Tapin, Kamis (21/3) malam.

Ia menekankan Bank Tapin berkomitmen mendorong pertumbuhan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar terus meningkat untuk merangsang ekonomi kerakyatan di kabupaten tersebut. Bahkan pada 2024 kredit tersalurkan plafon Rp74 miliar.

"BPR Tapin hadir dengan komitmen dan peran serta aktif dalam membangun sosial ekonomi serta memberikan kontribusi yang penting dalam membangun masyarakat Tapin," ujarnya.

Bank milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin ini dalam menjalankan tugasnya telah dilengkapi dengan beragam fitur dan layanan yang mumpuni untuk kemudahan nasabah.

Misalnya, dilengkapi dengan mobile pay (setoran pick up melalui AO secara realtime) ke tempat nasabah (door to door), kemudahan angsuran virtual account, pemanfaatan cash management system (QRIS, EDC-transfer antarbank), dan kolaborasi dengan fintech (penempatan deposito melalui market place dan pembiayaan modal kerja secara daring).

Acara Top BUMD Award 2024 merupakan kerja sama antara Majalah Top Business dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda) serta didukung berbagai lembaga dan institusi terkemuka lainnya.

Selain itu, Direktur Bank Tapin ini juga turut diberikan penghargaan kategori Top CEO BUMD Award 2024, dan Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin dianugerahi Top Pembina BUMD Award 2024.

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan Bank Tapin layak mendapatkan penghargaan tersebut termasuk penghargaan sebelum-sebelumnya, hal ini mengingat pertumbuhan ekonomi yang sehat terjadi dari tahun ke tahun di Kabupaten Tapin.

"Bank Tapin ke depan memiliki potensi untuk terus berkembang. Yang terpenting, UMKM bisa memanfaatkan Bank Tapin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ujarnya pula.

Dia mengatakan pergerakan Bank Tapin sesuai dengan tema acara, yakni "Penguatan Tata Kelola Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD".

"Ajang ini bagus, dan menjadi landasan bagi para pemenang untuk terus meningkatkan kualitas serta kontribusi nyata dalam pembangunan daerah," ujar Syarifuddin.
Baca juga: OJK Kalsel catat penyaluran KUR Rp3,65 triliun pada triwulan III-2023
Baca juga: Bank Kalsel dan BP Geopark Meratus perkuat kemitraan kembangkan wisata

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang dan M Fauzi Fadilah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024