Banjarmasin (ANTARA) - Bank Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Badan Pengelola (BP) Geopark Meratus memperkuat kemitraan untuk mengembangkan pariwisata dan mendukung inisiatif keberlanjutan kelestarian Pegunungan Meratus.

Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel Fachrudin di Banjarmasin, Jumat, mengatakan hal itu dituangkan dalam MoU yang ditandatangani pihaknya bersama Ketua Harian BP Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, beberapa waktu lalu.

“Kesepakatan ini merupakan komitmen bersama untuk keberlanjutan melestarikan lingkungan dan pengembangan Geopark Meratus sebagai destinasi wisata,” ujar dia.

Baca juga: Pemprov Kalsel sosialisasikan Geopark Meratus di desa wisata Belangian

Selain itu, Bank Kalsel juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat Desa Belangian yang merupakan salah satu daerah yang ditetapkan sebagai situs Geopark Meratus.

Bantuan tersebut berupa fasilitas tempat tidur bagi homestay dan prasarana kerja bagi perajin Sasirangan Ecoprint kepada Kepala Desa Belangian Ainul Khoir.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat memberikan dampak positif dan memberdayakan masyarakat di kawasan Geopark Meratus," kata Fachrudin.

Baca juga: Pemprov Kalsel tingkatkan kesadaran masyarakat sekitar Geopark Meratus

Ketua Ikatan Istri Pegawai Bank Kalsel Miliyani juga memberikan bantuan pounding untuk Sasirangan yang diterima salah satu perajin Ida Fitriani dan bantuan kebutuhan pokok bagi 135 kepala keluarga di Desa Belangian.

Sementara itu, Ketua Harian BP Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana mengapresiasi bantuan yang diberikan Bank Kalsel untuk mengembangkan pariwisata di kawasan situs Geopark Meratus.

Baca juga: Kalsel ingin Geopark Meratus jadi pendapatan berbasis pariwisata

"Kerja sama ini akan membantu warga menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata di kawasan Geopark Meratus," ujar Hanifah.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang dan Latif Thohir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024