Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memonitor evaluasi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan inflasi Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
 
"Melakukan pembinaan dan pengawasan langsung ke Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.
 
Dalam kunjungannya ke Desa Cibeber, Eko menjelaskan bahwa kunjungan kerja itu merupakan sebuah upaya Ditjen Bina Pemdes dalam rangka melakukan pembinaan, sekaligus pengawasan desa setelah 9 tahun terbitnya undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
 
“Melalui kunjungan ini, kita melihat kemajuan yang luar biasa dari Desa Cibeber yang rencananya akan menjadi nominasi untuk 'lifeside' desa-desa di Indonesia,” kata dia.
 
Eko menambahkan kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut program penguatan pemerintah dan pembangunan desa (P3PD).
 
“Hal ini menjadi bentuk sinergi antara Kemendagri dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, kemudian dengan Kabupaten Purwakarta, Kecamatan Kiarapedes bersama-sama dengan seluruh kepala desa, perangkat desa, dan warga Cibeber,” kata Eko.

Baca juga: Kemendagri: Inovasi daerah keniscayaan perbaiki sektor layanan publik
Baca juga: Kemendagri imbau ada upaya konkret kendalikan inflasi jelang Ramadhan
 
Ke depan, Eko berharap apa yang diupayakan ini dapat mempercepat akselerasi proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Norman Nugraha mengatakan kehadiran Dirjen Bina Pemdes selaku pembina dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi berkaitan dengan proses pengendalian inflasi di desa, khususnya di Desa Cibeber.
 
“Saya sudah melaporkan kepada Pak Dirjen berkaitan dengan kondisi inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Purwakarta yang tentunya kami di jajaran Kabupaten Purwakarta terus melakukan intervensi beserta program untuk pengendalian inflasi agar bisa terkendali dan laju pertumbuhan ekonomi bisa terus tumbuh," ucapnya.
 
Kepala Desa Cibeber A Anwar Sadat mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan Dirjen Bina Pemdes. Menurutnya, hal itu menjadi tambahan motivasi dan semangat dalam membangun desa.
 
“Mudah-mudahan ini bisa lebih menguatkan semangat kami dalam membangun desa, pemberdayaan, kesejahteraan masyarakat desa, dan tentunya kami berharap bahwa desa menjadi tulang punggung kemajuan negara Indonesia,” ujarnya..

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023