Pangkalpinang (ANTARA) - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menetapkan tiga nama calon yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk menjadi penjabat gubernur menggantikan Ridwan Djamaluddin yang masa jabatan berakhir pada 23 Maret 2023.

"Kami telah menggelar rapat bersama fraksi dan sudah menyepakati tiga nama, yakni Naziarto, Kemas Akhmad Tajuddin, dan Yan Megawandi untuk posisi penjabat gubernur," kata Ketua DPRD Babel Herman Suhadi usai rapat di Ruang Badan Musyawarah DPRD Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Pimpinan dan ketua fraksi DPRD Babel melaksanakan rapat perihal pengajuan tiga nama calon yang bakal menjadi penjabat gubernur Babel guna menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri tertanggal 6 Maret 2023 Nomor 100.2.1.3/1362/33 yang sifatnya segera dan pengajuan terakhir pada 9 Maret 2023.

Rapat pengajuan tiga nama calon penjabat gubernur Babel ini diikuti semua pimpinan DPRD, terkecuali Fraksi Demokrat yang tidak hadir.

"Sebelum menentukan tiga nama tersebut, ada lima nama yang awalnya dibahas dan dua dari tiga nama itu, yakni berinisial RD dan RRS," katanya.

Menurut dia, usulan tiga nama calon penjabat gubernur tersebut memenuhi syarat kepangkatan, yaitu pimpinan tinggi madya atau setara eselon satu seperti sekretaris jenderal kementerian, sekretaris kementerian, sekretaris utama dan lainnya, atau sekretaris daerah yang setara.

Naziarto saat ini adalah Sekretaris Daerah Provinsi Babel, kemudian Kemas Akhmad Tajuddin adalah Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP, dan Yan Megawandi merupakan widyaiswara di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel.

Herman memastikan tiga nama yang diusulkan itu bukan hasil lobi-lobi politik karena waktu pengajuan yang diminta Kemendagri sangat sempit dan surat pengajuan harus segera dikirimkan ke Kemendagri untuk selanjutnya dibahas dan ditentukan presiden.

"Tidak ada lobi politik dan surat sudah tanda tangani dan segera dikirimkan ke kementerian. Siapa pun nanti yang menjadi penjabat gubernur Babel, kami harapkan bisa memakmurkan masyarakat Babel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023