Jika totalitas data menunjukkan bahwa pengetatan yang lebih cepat diperlukan, kami akan siap untuk meningkatkan laju kenaikan suku bunga.
Singapura (ANTARA) - Saham-saham Asia berada di jalur untuk hari terburuk mereka dalam sebulan pada Rabu sore, setelah komentar hawkish Ketua Federal Reserve Jerome Powell meningkatkan kemungkinan bank sentral AS kembali ke kenaikan suku bunga yang besar untuk mengatasi inflasi yang kuat.

The Fed kemungkinan akan perlu menaikkan suku bunga lebih dari yang diperkirakan sebelumnya sebagai tanggapan atas data kuat baru-baru ini, kata Powell pada hari pertama kesaksian kebijakan moneter dua hari setengah tahunannya di depan Kongres.

Komentar dari Powell mengirim saham melemah tajam, membebani emas, sekaligus mendorong dolar ke level tertinggi tiga bulan.

Baca juga: Saham Asia dibuka turun tajam setelah komentar Powell yang "hawkish"

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 1,69 persen menjadi 514,71 poin, dengan suasana suram akan meluas ke Eropa karena kontrak berjangka menunjukkan pembukaan yang lebih rendah. Eurostoxx 50 berjangka turun 0,19 persen, DAX berjangka Jerman turun 0,28 persen dan FTSE berjangka turun 0,23 persen.

Setelah serangkaian kenaikan jumbo tahun lalu, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin dalam dua pertemuan terakhirnya. Namun, data ekonomi yang tangguh sejak awal tahun ini telah memicu kekhawatiran bank sentral AS akan kembali ke kenaikan suku bunga yang lebih besar, yang diakui Powell.

"Jika totalitas data menunjukkan bahwa pengetatan yang lebih cepat diperlukan, kami akan siap untuk meningkatkan laju kenaikan suku bunga," kata Powell.

Pasar sekarang memperkirakan peluang hampir 70 persen untuk kenaikan suku bunga 50 basis poin pada pertemuan kebijakan Fed 21-22 Maret, menurut alat FedWatch CME, naik dari sekitar 30 persen sehari yang lalu.

"Powell pada dasarnya membuka pintu untuk kenaikan 50 basis poin," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

"Dia telah memberikan Fed opsionalitas, tetapi orang curiga dia akan enggan melakukannya karena tidak baik untuk mengubah taktik ketika Anda baru saja turun ke kenaikan 25 basis poin."

Baca juga: Saham Asia jatuh karena data perdagangan China lemah, fokus ke Powell

Di Asia, komentar Powell menyebabkan sebagian besar pasar mengalami kerugian besar. Indeks S&P/ASX 200 Australia berakhir turun 0,77 persen.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 ditutup melemah 0,36 persen dan indeks Komposit Shanghai berakhir turun 0,06 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup anjlok 2,43 persen, merupakan hari terburuk sejak akhir Januari.

Nikkei Jepang adalah satu-satunya indeks saham di Asia yang berhasil membukukan kenaikan, terangkat 0,48 persen, karena pelemahan yen mendukung saham-saham eksportir.

Imbal hasil obligasi AS jangka pendek melanjutkan kenaikannya pada Rabu, dengan imbal hasil obligasi pemerintah dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, naik 4,9 basis poin pada 5,060 persen, setelah menyentuh level baru di dekat level tertinggi 16 tahun di 5,078 persen pada awal sesi.

Bagian yang diawasi ketat dari kurva imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mengukur kesenjangan antara imbal hasil pada surat utang dua tahun dan 10-tahun, dilihat sebagai indikator ekspektasi ekonomi, berada di -107,3 basis poin, terdalam sejak Agustus 1981, menurut data Refinitiv. Pembalikan seperti itu dipandang sebagai indikator resesi yang andal.

"Mengingat apa yang sudah kita ketahui, pernyataan hawkish Powell seharusnya tidak mengejutkan, tetapi ternyata pasar tidak siap," kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank, menambahkan data terbaru menandakan ekonomi AS memulai 2023 dengan pijakan yang jauh lebih kuat dari yang diantisipasi kebanyakan orang.

Baca juga: Dolar naik ke puncak 3-bulan di awal sesi Asia dipicu komentar Powell

Sorotan sekarang akan tertuju pada data penggajian AS pada Jumat (10/3/2023) dan angka inflasi minggu depan yang akan menentukan langkah lebih lanjut dari Fed.

Ahli strategi Citi mengatakan sekalipun data penggajian dan inflasi seperti yang diharapkan dapat menjaga peluang kenaikan 50 basis poin tetap tinggi. "Tidak menindaklanjuti kenaikan 50 basis poin kemudian dapat menyebabkan pelonggaran kondisi keuangan yang sangat tidak membantu."

Di pasar mata uang, dolar melanjutkan penguatannya, menyentuh level tertinggi tiga bulan. Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam rival utamanya, terakhir di 105,77, naik 0,114 persen, setelah melonjak 1,3 persen pada Selasa (7/3/2023).

Dolar naik setinggi 0,54 persen terhadap yen hingga menyentuh 137,90, tertinggi sejak 15 Desember, sebelum melemah untuk diperdagangkan di 137,67, menjelang pertemuan bank sentral Jepang pada Kamis (9/3/2023) dan Jumat (10/3/2023), ketika bank sentral diperkirakan akan tetap pada kebijakan moneternya yang sangat longgar

Euro tergelincir 0,11 persen menjadi 1,0536 dolar, berada di dekat level terendah dua bulan. Sterling terakhir diperdagangkan pada 1,1824 dolar, turun 0,02 persen, setelah menyentuh level terendah lebih dari tiga bulan di 1,1812 dolar di awal sesi.

Minyak mentah AS turun 0,12 persen menjadi diperdagangkan di 77,49 dolar AS per barel dan Brent naik tipis 0,06 persen menjadi diperdagangkan di 83,34 dolar AS per barel.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023