Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kandungan dari Universitas Padjajaran dr Boy Abidin, SpOG(K) mengatakan setidaknya ada delapan gizi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil.  

"Saat hamil, ibu membutuhkan asupan nutrisi makro dan mikro tertentu yang lebih banyak dari biasanya, seperti asam folat, zat besi, vitamin B6 dan B12, serat pangan, kalsium, protein, zinc, dan iodium," kata Boy dalam acara temu media di Jakarta, Kamis.

Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) itu menjelaskan, kedelapan zat gizi tersebut harus dipenuhi guna menunjang perkembangan janin di dalam kandungan.

Menurutnya, asam folat akan membantu pembentukan sel darah merah dan memelihara pertumbuhan serta perkembangan janin termasuk susunan saraf pusat pada bayi.

Jika ibu kekurangan asam folat, Boy mengatakan, hal yang mungkin terjadi adalah bayi yang dilahirkan mengalami anensefali (tidak memiliki beberapa bagian otak dan tengkorak) dan spina bifida (saraf yang tidak berkembang).

"Bayi anensefali, harapan hidupnya kecil. Pilihan ada pada orang tua, mau dilanjutkan (kehamilannya) boleh, mau dihentikan juga boleh. Waktu itu ada pasien yang memutuskan untuk dilanjutkan dan setelah dilahirkan, bayinya hanya bernafas sebentar, tidak sampai satu jam, kemudian meninggal," ujar Boy.

Baca juga: Ibu hamil boleh puasa asal asupan nutrisi dan kalori tetap terpenuhi

Sementara itu, Boy melanjutkan, zat besi akan membantu pembentukan hemoglobin. Jika tidak terpenuhi, maka ibu akan mengalami anemia yang tentu akan berdampak signifikan terhadap perkembangan bayi.

"Terutama kalau ibu itu hamil anak perempuan. Anak perempuan yang dilahirkan dari ibu yang anemia saat hamil, dia akan bermasalah dengan menstruasi dan kesuburannya," tuturnya.

Kemudian, vitamin B tak kalah penting karena berperan untuk membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan, sedangkan vitamin B12 berperan membantu pembentukan sel darah merah. Sementara serat pangan akan membantu memelihara fungsi pencernaan.

Adapun kalsium berfungsi untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, sedangkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Baca juga: Ibu hamil jangan lupa penuhi kebutuhan yodium

Sementara itu, konsumsi zinc yang cukup dapat berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh dan iodium bermanfaat untuk membentuk hormon tiroid.

Selain delapan zat gizi tersebut, Boy juga mengingatkan ibu hamil untuk tetap melakukan olah raga.

"Biar bayinya bisa tumbuh kembang dengan sehat, harus dibantu dengan sirkulasi udara yang bagus. Maka, ibu harus bergerak, beraktivitas fisik. Jadi ibu hamil tidak ada pantangan untuk olah raga, justru di trimester kedua di mana bayi sudah bisa mendengar dan merespons suara dari luar, ditambah dengan olahraga dia akan lebih sehat," ujar Boy Abidin.

Baca juga: Kontrol kalori dan nutrisi penting cegah hipertensi pada bumil

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023