Pemerintah prioritaskan retrofit
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan hasil pemeriksaan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP terkait impor Kereta Rel Listrik (KRL) akan selesai dalam 10 hari.

"Insya Allah dalam waktu 10 hari selesai dan bisa dilihat. Audit kemampuan Inka (PT Inka) baik itu keuangan, kemampuan teknologi, juga audit mengenai armada. Baru kita lihat semua dari audit menyeluruh itu dan kita putuskan berapa banyak yang kita (impor)," kata Menperin ditemui usai pembukaan IFEX 2023 di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Luhut segera kirim BPKP audit impor KRL bekas

Agus menyampaikan, hasil audit dari BPKP akan menentukan keputusan pemerintah untuk mengimpor KRL atau hanya retrofit yang berarti menambah teknologi atau fitur baru pada sistem lama.

Menurut Agus, pemerintah lebih memprioritaskan melakukan retrofit. Sebab, hal ini dianggap dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja Indonesia.

"Pemerintah prioritaskan retrofit. Dari hasil audit kita lihat bisa berapa banyak yang kita retrofit. Sebanyak-banyaknya kita retrofit. Tapi lihat juga kemampuan retrofitnya apa terbatas, maka ada pilihan hybrid, retrofit dan impor," kata Agus.

Lebih lanjut, BPKP sudah ditugaskan ke Jepang untuk melakukan audit. Menurut Agus, yang bisa dilakukan saat ini adalah menunggu hasil akhirnya.

"Udah ditugaskan. Dalam rapat sudah diputuskan, kepala BPKP-nya juga sudah ada. Jadi semua tunggu audit ya," kata Agus.

Baca juga: Ekspor KA INKA ke Selandia Baru tingkatkan kepercayaan pasar global

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023