Sleman sebagai daerah yang menopang jumlah penduduk tinggi, melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di Sleman dan Blitar,
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terkait pengendalian inflasi daerah dan pengembangan perekonomian.

Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Bupati Blitar Rini Syarifah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis.

Kustini mengatakan bahwa kerja sama dengan Pemkab Blitar pada 2023 ini dalam rangka pengendalian inflasi daerah khususnya untuk pemenuhan komoditas telur bagi masyarakat Kabupaten Sleman.

"Sleman sebagai daerah yang menopang jumlah penduduk tinggi, melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di Sleman dan Blitar," katanya.

Baca juga: Mendagri: Kerja sama pusat dan daerah berhasil turunkan inflasi

Menurut dia, kerja sama antara Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar diharapkan dapat menjadi kolaborasi positif dan saling meningkatkan perekonomian antarwilayah.

"Ke depan saya berharap kesepakatan ini terus ditindaklanjuti dengan optimalisasi kerja sama di bidang lainnya," katanya.

Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan bahwa Kabupaten Blitar merupakan daerah penyuplai 30 persen telur nasional karena produksi  mencapai 450 ton per hari.

"Dengan komoditas telur Kabupaten Blitar yang melimpah, kami terus melakukan kerja sama dengan daerah lain termasuk Kabupaten Sleman dalam rangka pengendalian inflasi," katanya.

Rini juga berharap kerja sama dapat berlanjut sehingga antara Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar dapat saling bertukar informasi dan pikiran untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

Baca juga: Aceh Jaya dan Kemkominfo jalin kerja sama wujudkan kota cerdas

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Sleman Suyanto mengatakan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman terus melakukan pengendalian terhadap kenaikan harga komoditas salah satunya komoditas pangan yang memiliki andil dalam kenaikan inflasi daerah.

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pokok berupa telur ayam ras di Kabupaten Sleman, Kabupaten Sleman melalui PT Pangan Surya Makmur telah melakukan kerja sama pemenuhan telur ayam ras dengan Kabupaten Blitar melalui PT Cahaya Gemilang Farm dan Koperasi Produsen Peternak Maju Berdaya," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Blitar setiap minggu telah mengirimkan 10 ton telur ayam ras ke Kabupaten Sleman sejak September 2022.

"Kesepakatan bersama ini berlaku dalam jangka waktu tiga tahun dan dapat diperbarui atas kesepakatan kedua belah pihak yakni Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023