Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menghormati keputusan wasit Faurul Rosy terkait gol pertama yang dicetak pemain Barito Putera Yuswanto Aditya pada menit ke-33 saat timnya kalah 1-2 di Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Kamis sore.

"Meskipun mungkin golnya bisa diperdebatkan antara offside atau tidak, tetapi yang jelas pemain saya membuat kesalahan fatal melakukan clearence tidak tepat hingga mengenai pemain lawan yang posisinya benar-benar berada di belakang Ridho," ujar Aji Santoso saat konferensi pers yang diikuti secara virtual dari Surabaya, Kamis.

Tetapi, kata dia, pihaknya tidak memprotes hal tersebut karena wasit asal Aceh tersebut sudah memberi keputusan untuk mengesahkan gol yang telah terjadi.

"Meskipun menurut pengamatan kami dari samping memiliki pandangan yang berbeda tapi saya tetap respek atas keputusan wasit," kata pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

Dari tayangan ulang televisi, posisi Yuswanto memang terlihat sudah berada di belakang para pemain Persebaya, komentator yang memandu pertandingan pun juga menyatakan hal tersebut.

Selain itu, pelatih asal Malang tersebut juga telah mengingatkan anak asuhnya saat latihan tim untuk selalu ada yang mengawasi dan menjaga Renan Alves jika sudah berada di pertahanan klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut.

"Tetapi tidak tahu di dalam pertandingan mereka lupa atau apa, padahal sebelum pertandingan bahkan saat latihan sudah saya beritahu kalau Renan memiliki free kick attacking bagus," katanya.

Baca juga: Barito Putera tundukkan Persebaya Surabaya 2-1

Sementara itu, pemain belakang Persebaya Alta Ballah mengatakan, bahwa dirinya dan yang lain sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan poin.

"Kami setelah pulang akan melakukan evaluasi untuk persiapan pada pertandingan selanjutnya melawan Persib Bandung," kata anak dari legenda Persebaya Anthony Jomah Ballah tersebut.

Sebelumnya, Barito Putera mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Kemenangan Barito didapat dari gol yang dicetak Yuswanto Aditya pada menit ke-33 dan Renan Alves menit 80.

Sedangkan, gol dari Persebaya tercipta pada menit ke-53 hasil umpan dari Sho Yamamoto yang berhasil dimanfaatkan Ahmad Nufiandani.

Meskipun menambah koleksi tiga poin, peringkat Barito tetap berada urutan 17 dengan 28 poin dari 28 pertandingan.

Sedangkan Persebaya juga tetap tidak beranjak dari urutan ke-8 klasemen sementara, dengan meraih 38 poin dari 26 pertandingan.

Baca juga: LIB: Persija versus Persib 31 Maret, Persebaya kontra Arema 11 April

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023