Saya berharap jaringan yang sudah terkoneksi ini akan terhubung dengan pusat monitoring nasional dan regional yang terintegrasi sehingga memastikan layanan handal dan prima di seluruh titik kegiatan
Ende (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur memastikan layanan telekomunikasi mobile combat 4G pada lokasi penyelenggaraan ASEAN Summit Mei 2023 di Labuan Bajo terkoneksi dengan baik.

"Saya berharap jaringan yang sudah terkoneksi ini akan terhubung dengan pusat monitoring nasional dan regional yang terintegrasi sehingga memastikan layanan handal dan prima di seluruh titik kegiatan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Manggarai Barat, Paulus Setahu dalam keterangan yang diterima di Ende, Jumat.

Baca juga: Kakorlantas Polri tinjau rute asean summit 2023 di Labuan Bajo

Pemkab Manggarai Barat telah melakukan koordinasi dan pemantauan jaringan di Desa Warloka, Kecamatan Komodo bersama tim Telkom Labuan Bajo, Rabu.

Dari hasil pantauan itu, katanya, jaringan fiber optik dari Labuan Bajo sampai kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui jalur Nggorang-Kenari-ITDC dan jalur Gorontalo-Kenari-ITDC telah terkoneksi.

Dia melanjutkan konektivitas jaringan dengan kapasitas 4G sudah aktif di kawasan ITDC yang terpancar dari menara combat Telkomsel.

Kakandatel Telkom Labuan Bajo, Salvinus mengatakan pihaknya telah bekerja penuh untuk memberikan layanan kualitas terbaik dan memadai saat kegiatan internasional itu berlangsung.

Pihaknya tekah memasang kabel optik pada dua jalur kawasan ITDC agar dapat menjadi solusi apabila salah satu jalur mengalami kendala.

Selain kawasan Tana Mori yang menjadi lokasi kegiatan, Telkom juga menyediakan layanan jaringan memadai pada beberapa hotel yang menjadi tempat menginap bagi tamu dan panitia.

Dia memastikan layanan jaringan di kawasan tersebut bisa terakses dengan baik pada bulan April mendatang.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo perkuat awasi orang asing jelang Asean Summit

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023