Banjarmasin (ANTARA) -
Ribuan warga mengikuti Karnaval Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023 yang berlangsung di 0 Kilometer di jalan Sudirman depan Siring Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Sabtu.
 
Para peserta karnaval dari berbagai lapisan, mulai siswa, pegawai pemerintah kota dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), komunitas masyarakat, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Baca juga: Banjarmasin gelar lomba desain motif Sasirangan untuk perluas pasar
 
Beragam model dan gaya yang bernuansa daerah dan desain pakaian kain Sasirangan ditampilkan, karnaval ini dinilai untuk mencari kelompok yang juara.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi istri dan wakilnya H Arifin Noor serta unsur Forkopimda kota setempat melepas karnaval tersebut menyampaikan, ini merupakan kegiatan rutin dalam kemeriahan BSF, yang untuk ke-7 tahun 2023 ini berlangsung tanggal 10--12 Maret 2023.
 
Luar biasa antusiasme peserta yang mengikuti karnaval ini," ujar Ibnu Sina.
Beragam aksi peserta karnaval Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023 di jalan Sudirman atau di nol Kilometer Banjarmasin di depan Siring Sungai Martapura, Sabtu (11/3/2023). (ANTARA/Sukarli)
 
Dia memuji kreativitas para peserta, menghibur serta meriah dan menampilkan ragam Sasirangan.
 
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, BSF ini sebagai upaya meningkatkan kain Sasirangan dapat kemasyhuran di kancah Nasional.
 
Karena kain Sasirangan merupakan bagian budaya warisan provinsi ini, hingga acara BSF ini masuk 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023 yang digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca juga: BSF ajang Banjarmasin kenalkan batik Sasirangan ke dunia
 
Beragam kegiatan digelar pada BSF ke-7 yang mengambil tema "Pesona Kreasi Motif Sasirangan Dengan Pakaian Adat Banjar" tersebut seperti karnaval, bazar expo, fashion show, forum diskusi Sasirangan lomba menjelujur massal Sasirangan, lomba motif Sasirangan hingga atraksi jukung acil Pasar Terapung.
 
Semua ini bertujuan melestarikan kain Sasirangan yang merupakan Warisan Wastra Nusantara Kalimantan Selatan.
 
Selain itu digelar juga Showcase Wastra Nusantara baik kain Batik, Songket ataupun Tenun sesuai temanya The Colour Of Life, atau Warna Warni Wastra Nusantara.

Baca juga: Ribuan warga ikuti karnaval Banjarmasin Sasirangan Festival
 
BSF ke-7 tahun 2023 ini ditargetkan mendatangkan sebanyak 75 ribu wisatawan lokal, nasional hingga mancanegara.
 
Acara BSF ke-7 ini mengambil panggung utama berada di atas Sungai Martapura, menggunakan kapal tongkang.
Beragam aksi peserta karnaval Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023 di jalan Sudirman atau di nol Kilometer Banjarmasin di depan Siring Sungai Martapura, Sabtu (11/3/2023). (ANTARA/Sukarli)


Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023