Solo (ANTARA) - Tim bola voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia sukses menghadang Jakarta BIN dengan meraih kemenangan 3-1 (25-23, 21-25, 25-17, dan 25-17), pada PLN Mobile Proliga 2023 putaran final four seri pamungkas di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Hasil ini membuat Hany Budiarti dan kawan-kawan finis di posisi tiga klasemen dengan 8 poin dan memupuskan asa Jakarta BIN melaju ke grand final setelah tertahan di posisi empat dengan 6 poin. Kedua tim ini akan kembali bertemu untuk merebutkan posisi tiga pada grand final di Yogyakarta pekan depan.

Untuk posisi puncak Proliga musim ini akan diperebutkan oleh juara bertahan Bandung bjb Tandamata melawan Jakarta Pertamina Fastron.

Baca juga: Bandung bjb lolos ke grand final setelah kalahkan Gresik Petrokimia

Gresik Petrokimia pada set pertama menurunkan Dhea Cahya Pitaloka, Mediol Stiaovanny, Yolana Bheta, Hany Budiarti, Ria Mayasari dan pemain asing Bohdana Anisona. Sedangkan, Jakarta BIN menurunkan Chen Paiyan, Fernanda Davis Tome, Putri Wulandari, Shintia Alliva, Mita Cahntika, dan Selly Nurfausiah.

Di set pertama ini kedua tim silih berganti dalam mengemas poin. Gresik Petrokimia terlihat tampil penuh percaya diri melalui smes-smes tajam baik dilakukan Bodhana Anisova dan Hany Budiarti. Hasilnya tim asal Jawa Timur ini mengambil set pertama dengan 25-23.

Namun, ketenangan Gresik Petrokimia tidak berlanjut di set kedua. Kondisi tersebut dimanfaatkan dengan baik Jakarta BIN untuk menekan sehingga sukses unggul 25-21. Kedudukan sama kuat 1-1.
​​​​​​
Pada set ketiga, Gresik PetrokimIa mampu mengendalikan permainan dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan terutama penerimaan bola pertama. Hasilnya mampu mengambil set ketiga dengan 25-17.

Mampu unggul 2-1, Gresik Petrokimia lebih percaya diri. Tekanan demi tekanan terus dilakukan oleh tim asuhan Ayub Hidayat sehingga mampu mengambil set keempat dengan skor 25-17 dan membuat skor akhir 3-1.

Baca juga: Lavani menang atas Bhayangkara pada Proliga di Solo
​​​​
Pelatih voli Putri Jakarta BIN Octavian usai pertandingan mengatakan timnya pada set pertama banyak melakukan kesalahan sendiri dan bola-bola umpan sering gagal sehingga angka banyak diraih lawan.

"Di set kedua kami sempat membalas, tetapi set selanjutnya banyak mengalami kesalahan-kesalahan terutama saat menyerang sering di blok lawan. Gresik pertandingan kali ini lebih bagus dibanding timnya," katanya.

Pelatih voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Ayub Hidayat mengucapkan selamat buat pemainnya yang bermain penuh semangat dan bisa memenangkan pertandingan melawan Jakarta BIN.

"Tim bermain percaya diri dan berani sehingga kemenangan ini, bisa untuk modal pada pertandingan merebutkan juara ketiga melawan Jakarta BIN di grand final," katanya.

Sementara itu, pemain voli putri Gresik Petrokimia Mediol Stiovanny Yoku mengatakan timnya bermain nothing to lose dan percaya diri sehingga bisa memenangkan pertandingan melawan Jakarta BIN.

Baca juga: Jakarta STIN BIN buka peluang grand final setelah kalahkan Samator 3-0
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023