Ajang ini supaya pelaku UMKM bangga, memiliki rasa percaya diri terhadap produknya
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh menyebutkan Expo Entrepreneur menjadi sarana mempromosikan produk UMKM sekaligus wadah untuk menumbuhkan pelaku usaha di Tanah Rencong itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Azhari di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan pemerintah akan terus memberikan dukungan dan semangat kepada para entrepreneur, sehingga semakin maju serta mampu menggali segala potensi di Aceh.

"Ajang ini supaya pelaku UMKM bangga, memiliki rasa percaya diri terhadap produknya. Dengan dihadirkan dalam kegiatan seperti ini, produk pun dapat dievaluasi," kata Azhari.

Ajang Expo Entrepreneur akan berlangsung hingga 13 Maret 2023, dengan menghadirkan sebanyak 60 pelaku UMKM yang ada di provinsi paling barat Indonesia itu.

Tak hanya menampilkan puluhan gerai UMKM, acara tersebut juga diisi dengan sesi berbagi antara para entrepreneur di daerah Tanah Rencong itu.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi I:TIK sudah jadi pendorong utama ekonomi masyarakat

Baca juga: Pemprov Aceh siapkan klinik konsultasi urus sertifikat halal bagi UMKM


Menurut Azhari, dengan kuatnya ekosistem entrepreneur dan pelaku usaha ke depan maka akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Aceh.

"Dalam menjalankan usaha dapat mementingkan legalitas, karena akan memberikan dampak positif terhadap usaha yang dijalankan. Dinas Koperasi dan UKM akan siap mendampingi proses legalitas," katanya.

Industri kreatif merupakan satu dari banyak sektor yang memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Provinsi Aceh.

Misalnya, dalam sebuah kegiatan maka untuk membangun panggung dan seluruh area, dibutuhkan puluhan orang pekerja yang datang dari berbagai macam bidang keahlian. UMKM yang berpartisipasi memerlukan minimal dua karyawan untuk bekerja. Maka dari 60 UMKM yang berpartisipasi, diyakini akan menyerap ratusan pekerja.

Namun yang paling penting, kehadiran acara yang mempertemukan pelaku usaha dengan konsumen seperti ini akan menghasilkan transaksi, diperkirakan nanti akan ada ribuan transaksi dalam acara itu.

Kehadiran entrepreneur ikut mendorong pertumbuhan ekonomi lewat beragam kegiatan usahanya, serta mampu mengurangi jumlah pengangguran, katanya.

Merujuk pada pernyataan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Kemendag) RI bahwa Indonesia saat ini setidaknya membutuhkan 4 juta entrepreneur untuk penguatan ekonomi.

Namun, saat ini jumlah entrepreneur atau pelaku wirausaha masih berkisar 3 persen dari total jumlah penduduk.

Maka melalui kegiatan ini, Dinas Koperasi dan UMKM Aceh mengajak masyarakat untuk terus mengembangkan jiwa entrepreneur.

"Ajang Expo Entrepreneur sendiri akan menghadirkan puluhan UMKM lokal Aceh, yang bergerak dalam berbagai sektor usaha, mulai kuliner, kriya, craft, hingga fesyen," katanya.

Baca juga: 180 UMKM ramaikan Rameunee Expo 2023 di Nagan Raya Aceh

Baca juga: Pemkab Nagan Raya gelar pameran UMKM meski ada potensi cuaca buruk

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023