Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berpesan agar generasi muda mengoptimalkan kesempatan yang ada untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Saya minta kepada saudara-saudara saya, kepada teman-teman yang masih muda, berikan pikiran, sumbangan, kesempatan yang ada itu untuk mengabdi,” tegas Wapres dalam Peluncuran Buku “80 Tahun Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin: Kiai Wapres, Wapres Kiai”, yang bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-80,di Jakarta, Sabtu.

Wapres berharap generasi muda dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi sekelilingnya, tetapi bagi masyarakat dan bangsa.

“Pengabdian yang benar, dalam arti pengabdian yang sempurna, kepada bangsa, negara, dan seluruh umat manusia,” katanya.

Wapres mengingatkan generasi muda agar tidak mudah putus asa dan tetap menjaga semangat di segala kondisi.

“Kita tidak boleh lemah, tidak boleh pesimis dalam menghadapi situasi apa pun,” kata Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres menekankan agar para generasi muda dapat memanfaatkan peluang seraya memanjatkan doa dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca juga: UIN Ar-Raniry Aceh persembahkan buku untuk ulang tahun Wapres
Baca juga: Presiden ucapkan selamat ulang tahun kepada Wapres


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan kehadiran Kiai Ma’ruf Amin di pentas perpolitikan nasional, pentas ormas-ormas besar, dan di pentas politik kepartaian merupakan jawaban atas keresahan masyarakat terhadap ketidakharmonisan hubungan antara rakyat, pemerintah, umat, dan ulama.

“Beliau, yaitu di (sebagai) Wakil Presiden, itu untuk menjawab satu keresahan masyarakat tentang njelimet-nya, ketidaksinkronannya perhubungan antara tiga hal yang dikatakan Imam Al-Ghazali tentang pentingnya rakyat, pentingnya pemerintah umat, dan pentingnya ulama atau cendekiawan,” terang Mahfud.

Mahfud menyebut sudah sepantasnya sosok Ma’ruf Amin menjadi seorang Wakil Presiden, dikarenakan banyaknya sisi kebaikan dan hal positif yang melekat pada dirinya.

“Sejelek apa pun atau kejelekan apa pun yang seseorang miliki kalau sampai menjadi seorang Wakil Presiden atau menjadi Presiden itu pasti jauh lebih banyak kebaikannya. Nah, itulah yang terlihat pada Kiai Maruf Amin,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Mahfud menyampaikan ucapan selamat atas pertambahan usia Wapres dan turut mendoakan kebaikan untuk Wapres.

“Selamat Ulang Tahun Kiai Ma’ruf Amin, mudah-mudahan panjang umur, terus bersama kita,” tutup Mahfud.

Hadir pada acara tersebut jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, para kepala lembaga, tokoh ulama, dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023