Madina (ANTARA) - Perusahaan pembangkit listrik tenaga panasbumi, PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, mendorong pertumbuhan bisnis lokal dengan membina kelompok usaha gula aren di Desa Huta Lombang, Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Terry Indra, di Madina, Minggu, mengatakan, pembinaan tersebut merupakan program pengembangan masyarakat yang tujuannya membantu meningkatkan penghasilan masyarakat secara berkelanjutan.

"Program ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terkhusus di wilayah kerja SMGP. Sebenarnya ada banyak kelompok usaha yang sudah dibina. Dengan harapan pengetahuan dan teknologi yang kami berikan dapat menjadi pedoman bagi masyarakat menjalankan usahanya secara berkelanjutan," kata Terry

Program pemberdayaan gula aren di Desa Huta Lombang ini merupakan salah satu bentuk wujud nyata dari bentuk komitmen dan kepedulian PT SMGP kepada masyarakat sekitar

PT SMGP melalui program Community Development mencanangkan 5 pilar program pemberdayaan masyarakat sekitar WKP. 5 pilar program pemberdayaan tersebut yaitu pilar ekonomi, pilar pendidikan, pilar kesehatan, pilar sosial budaya, dan pilar lingkungan.

"Masing-masing pilar program ada detil kegiatannya yang spesifik sesuai identifikasi potensi desa masing-masing," katanya.

Ia menambahkan kegiatan identifikasi program sudah dilakukan sejak tanggal 15 Desember 2023 sampai 13 Januari 2023 di 10 desa yang ada di sekitar WKP (ring 1).

Dari kegiatan identifikasi tersebut, muncul potensi desa yang layak dikembangkan menjadi program untuk membangun ekonomi masyarakat. Salah satunya yaitu pengembangan gula aren. Mengingat pohon aren yang tumbuh di Puncak Sorik Marapi sekitar wilayah kerja PT SMGP cukup banyak dan belum banyak dioptimalkan pemanfaatannya oleh masyarakat.

"Inilah yang menjadi salah satu konsen tim Community Development PT SMGP tertarik untuk menjadikan salah satu kegiatan ekonomi yang produktif yang layak dikembangkan di pilar ekonomi sebagai income alternatif menuju kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua KUB Aroma, Zulfikar mengungkapkan terima kasih atas pendampingan dan pembinaan yang diberikan PT SMGP begitu juga dengan bantuan yang diberikan perusahaan panas bumi itu.

"Harapan ke depan SMGP tidak berhenti di sini saja, tapi kami tetap meminta agar dibimbing supaya produk gula aren dari kelompok ini dapat diterima pasar. Kami juga berharap bantuan agar produk ini lebih dikenal masyarakat bukan hanya di daerah saja, tetapi sampai ke masyarakat di luar Sumatera," ungkapnya.
 

Pewarta: Juraidi dan Holik
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023