Mamuju (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan kegiatan patroli pengawasan kawal hak pilih pemilu 2024.

Anggota Bawaslu Sulbar, Usman Sanjaya di Mamuju, Senin mengatakan, patroli pengawasan kawal hak pilih dilaksanakan Bawaslu Sulbar di seluruh Kabupaten Sulbar.

Ia mengatakan, patroli pengawasan kawal hak pilih dilaksanakan pada tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih sebagai program peninjauan lapangan dari hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Panwaslu Kelurahan Desa (PKD).

"Patroli untuk meninjau kondisi lapangan terhadap adanya dugaan pemilih yang belum dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh penyelenggara pemilu di Sulbar," katanya.

Menurut dia, Bawaslu Sulbar ingin memastikan hak pilih setiap warga negara Indonesia terpenuhi dan terlindungi sehingga patroli ini dilaksanakan.

Ia meminta, kepada PKD yang melaksanakan tugas untuk senantiasa berkoordinasi dengan Panwaslu kecamatan untuk dilakukan tindak lanjut, ketika terdapat masyarakat yang belum dicoklit data pemilih agar dapat menjadi pemilih di pemilu 2024.

"Bawaslu Sulbar juga melakukan pembinaan kepada PKD maupun Panwaslu Kecamatan agar saling berkoordinasi mengawasi pemuktahiran data pemilih dan harus dipastikan tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilihnya di pemilu," katanya.

Ia berharap penyelenggara pemilu di Sulbar dapat maksimal melakukan Coklit data pemilih dan meminta masyarakat yang belum terdata sebagai pemilih untuk segera melaporkan sehingga data memiliki hak pilih di pemilu 2024.

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023