Semoga pertemuan ini akan semakin memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang saling menguntungkan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran pada Rabu (15/3) membahas penguatan kerja sama kedua negara, khususnya di sektor transportasi.

Sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, di antaranya upaya penguatan kerja sama yang selama ini telah dilakukan seperti tindak lanjut kerja sama ruang udara atau Flight Information Region/FIR dan kerja sama pengembangan SDM di bidang kemaritiman melalui berbagai program pelatihan.

"Semoga pertemuan ini akan semakin memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang saling menguntungkan," kata Menhub Budi melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Selain itu, kedua negara juga menjajaki peluang kerja sama yang akan dilakukan di masa yang akan datang, yakni terkait peningkatan konektivitas udara dari Singapura ke Indonesia ke beberapa destinasi wisata tanah air yang sejalan dengan kesepakatan perjanjian hubungan udara antara kedua negara.

Kemudian, kesepakatan perjanjian ASEAN Open Sky serta kolaborasi kegiatan port state control (PSC) dan flag state inspection (FSI) untuk memperkuat keselamatan dan keamanan transportasi laut.

Pada Kamis (16/3), Menhub juga akan mendampingi Presiden Joko Widodo untuk menghadiri pertemuan "leaders retreat" Indonesia-Singapura yang diselenggarakan di Hotel Fullerton, Singapura.

Turut hadir mendampingi Menhub ke Singapura, yakni Sekretaris Jenderal Novie Riyanto dan Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni.

Baca juga: Indonesia sampaikan keberhasilan implementasi Inaportnet di sidang IMO

Baca juga: Indonesia ikut bahas pengaturan pelayaran internasional di sidang IMO

Baca juga: Langkah-langkah pemerintah demi kelancaran mudik Lebaran 2023

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023