Amsterdam (ANTARA) - Sebuah partai politik baru yang berhaluan agraria menggegerkan lanskap politik Belanda setelah mencetak kemenangan besar pada pemilu tingkat provinsi yang akan memengaruhi komposisi partai di Senat Belanda.

Partai Gerakan Petani-Warga (BBB) yang semakin populer di tengah protes atas kebijakan lingkungan pemerintahan perdana menteri Mark Rutte, diperkirakan akan memenangkan kursi Senat lebih banyak dibanding Partai Kebebasan dan Demokrasi Rakyat (VVD) pimpinan Rutte.

Sebuah exit poll memperkirakan BBB akan mencaplok 15 kursi dari 75 kursi Senat Belanda, yang memiliki hak menolak rancangan undang-undang yang disepakati majelis rendah parlemen Belanda.

Sementara itu, partai VVD hanya dapat memenangi 10 kursi Senat.

Naiknya pamor BBB merupakan pukulan besar bagi pemerintahan Rutte dalam upayanya mengurangi polusi nitrogen di peternakan, yang menjadi satu alasan terbentuknya BBB pada 2019.

Terlebih, tingkat kepuasan publik terhadap Rutte yang telah menjadi PM Belanda sejak 2010 berada di tingkat 20 persen, terendah dalam satu dekade.

"Para pemilih telah jelas menyatakan penolakannya terhadap kebijakan pemerintah," kata pemimpin BBB Caroline van der Plas.

Pemerintahan Rutte memiliki target memangkas tingkat emisi nitrogen hingga setengahnya pada 2030, disebabkan jumlah hewan ternak dan penggunaan pupuk yang masif telah menyebabkan naiknya tingkat nitrogen oksida di tanah dan dalam air di Belanda melampaui batasan yang ditetapkan Uni Eropa.

Masalah emisi nitrogen telah menghambat pembangunan di negara itu setelah organisasi lingkungan memenangkan beberapa gugatan di pengadilan yang mengharuskan pemerintah membatasi emisi dan melestarikan lingkungan sebelum izin pembangunan baru boleh diterbitkan.

BBB menganggap masalah tersebut dilebih-lebihkan dan usulan penanganan yang ditawarkan pemerintah akan merugikan petani, sehingga menyebabkan tutupnya banyak peternakan dan turunnya produksi pangan.

Koalisi pemerintahan Rutte tidak memiliki jumlah kursi mayoritas di Senat Belanda sejak pemilu 2019 lalu, sehingga memaksa mereka bernegosiasi, utamanya dengan partai sayap kiri, untuk mengesahkan RUU di Senat.

Sementara itu, mitra kerja sama koalisi pemerintahan yaitu Partai Buruh (PvdA) dan Partai Hijau Kiri (GL) diperkirakan akan mempertahankan 15 kursi mereka di Senat Belanda dalam pemilu provinsi, sehingga akan mampu terus menyokong Rutte.


Sumber: Reuters

Baca juga: Peneliti Belanda sebut reformasi sistem pemilu cegah politik uang

Baca juga: Dubes Belanda tawarkan penanganan sampah ke Pemkot Medan

Penerjemah: Nabil Ihsan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023