Sudah ada pesawat yang mendarat di Bandara Nop Goliath Dekai....
Jayapura (ANTARA) - Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto menyebutkan aktivitas di Bandara Nop Goliath Dekai, di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan kembali normal.
 
Sudah ada pesawat yang mendarat di Bandara Nop Goliath Dekai termasuk pesawat-pesawat berbadan kecil yang terbang ke distrik setempat.
 
"Walaupun demikian pesawat milik Trigana dan Wings Air belum melayani penerbangan dari dan ke Dekai," kata AKBP Arief Kristanto, Kamis.
 
Ketika dihubungi dari Jayapura, Kapolres Yahukimo mengakui saat ini aparat keamanan sudah disiagakan di sekitar bandara itu, untuk mengantisipasi kasus penembakan.
 
Belum dipastikan kapan Trigana dan Wings Air kembali melayani penerbangan Jayapura-Dekai-Jayapura, kata Arief Kristanto pula.
 
Humas Bandara Sentani Surya Eka mengakui pula hingga Kamis ini, belum ada pesawat komersial dari Bandara Sentani yang terbang ke Dekai.
 
Sejak terjadi insiden penembakan terhadap pesawat Boeing milik Trigana, Sabtu (11/3), belum ada pesawat komersial yang terjadwal terbang ke Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.
 
Selama ini penerbangan terjadwal ke Dekai dilayani pesawat Trigana dan Wings Air, namun sejak terjadi insiden penembakan tidak ada yang terbang ke Dekai.
 
"Belum ada informasi dari kedua maskapai kapan mulai terbang ke Dekai," kata Surya Eka.
 
Boeing 737-500 dengan kode penerbangan PK YSC, Sabtu (11/3), ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat hendak mendarat di Bandara Nop Goliath, namun tidak mengenai pesawat.
 
Tetapi sesaat setelah take off kembali ditembak dan mengenai badan pesawat yang berhasil tiba di Bandara Sentani membawa 66 penumpang.
Baca juga: Menhub jadikan Dekai Yahukimo bandara penghubung wilayah tengah Papua
Baca juga: Bandara Dekai Yakuhimo tetap beroperasi dilayani pesawat Hercules

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023