Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendukung digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bijaksana dengan tetap memperhatikan penyerapan tenaga kerja.

Demikian disampaikan Moeldoko saat membuka Pameran "All Food Indonesia" yang diikuti puluhan pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

"Presiden Jokowi menaruh perhatian pada pertumbuhan UMKM, khususnya tentang peningkatan usaha kelas mikro menjadi kelas kecil dan kelas kecil menjadi kelas menengah. Caranya melalui digitalisasi. Tapi jangan sampai alat (teknologi) yang efisien mengurangi tenaga kerja dan menjadi tidak bijaksana," kata Moeldoko.

Dia mengatakan bahwa peningkatan sektor kewirausahaan lokal berbasis ekonomi kreatif selalu menjadi fokus program pemerintah, di mana sektor ekonomi lokal diharapkan berinovasi agar mampu berjalan berdampingan dengan tuntutan global.

Baca juga: Moeldoko ajak "stakeholder" kembangkan talenta digital Indonesia
Baca juga: KSP: Presiden inginkan korporasi petani untuk tingkatkan kesejahteraan


Dia mengatakan hingga saat ini pemerintah telah berhasil melakukan digitalisasi 19 juta UMKM dari target digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024.

"Saya mengapresiasi acara pameran seperti ini karena ujungnya adalah mewujudkan keinginan presiden untuk meningkatkan kelas UMKM. Saya berharap acara ini menjadi satu semangat baru produsen," kata Moeldoko.

Pameran inovatif di bidang industri kuliner ini akan dibuka selama 4 hari dari tanggal 16-19 Maret 2023 di Hall 2 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar yang turut hadir dalam acara pembukaan ini berharap pameran UMKM di bidang kuliner mampu menjawab tantangan ekonomi di masyarakat.





Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023