Mulai dari membangun ulang secara lebih rapi Rental Indonesia, agar makin solid dan kompak....
Jakarta (ANTARA) -
Rental Indonesia Event Support mempunyai rencana besar setelah menggelar silaturahmi nasional (SilatNas), maka ke depannya berubah dari komunitas menjadi asosiasi.
 
Presiden Rental Indonesia Risyad Fauzie dalam keterangannya, Jumat, mengatakan untuk mencapai arah itu dirinya dan organisasi yang dipimpinnya harus mempersiapkan dengan matang setiap langkahnya.
 
"Mulai dari membangun ulang secara lebih rapi Rental Indonesia, agar makin solid dan kompak supaya di depan dapat ambil bagian di industri event nasional," katanya pula.
 
Untuk itu di luar Rental Indonesia (RI) yang belum masuk, kami mengajak kepada pelaku, pengusaha, event support untuk lebih solid, kompak membuat RI rumah yang bisa dihuni, tempat berbagi, bercanda, diskusi seperti layaknya keluarga. Harapannya RI bisa mengambil bagian dari semua yang terkait di industri event.
 
Secara internal harapan dari Rental Indonesia adalah dikenal oleh segenap masyarakat Indonesia. Karena sampai saat ini tidak sedikit yang belum mengetahui keberadaan mereka. Industri event sebenarnya memiliki banyak peluang bisnis yang bagus. Apalagi kegiatan entertainment tidak mengenal waktu.
 
Risyad sendiri tidak suka pekerjaan monoton melainkan karakter yang memacu jantung, mulai dari nol. Bagaimana persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan memastikan semua berjalan sesuai rencana.
 
Bisnis event support adalah bisnis jasa, katanya pula, jadi kami mencoba untuk melayani sepenuh hati terus berkembang, update semua mulai dari teknologi dan apa pun yang berkaitan dengan produk kami.
 
Dia menyatakan orang umum melihat industri event rental itu sifatnya tersier.

Menurut Risyad, sejatinya usaha mereka masuk ke tanah premier. Hal ini disebabkan karena manusia itu sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dan hiburan.
 
Jika seperti itu logikanya ia pun menyampaikan bahwa hiburan itu harusnya dipandang menjadi sesuatu yang primer. Sebagai manusia yang membutuhkan hiburan melalui musik, televisi, bahkan menyetel murotal itu termasuk hiburan bagi hati. Dan kita butuh device-nya.
 
Dengan begitu bisnis kami ini adalah bisnis primer cuma orang Indonesia mayoritas menyebutnya sebagai tersier, sudut pandangnya berbeda. Di dalam bisnis pun, contoh besar perannya dalam hal perpajakan.
 
Rencana ke depannya Rental Indonesia akan melakukan standardisasi industri event rental sendiri yang akan dimulai dari jenis usaha. Banyak dari member RI yang baru memiliki usaha namun belum berlegalitas.
 
Selanjutnya adalah standardisasi layanan, sumber daya manusia kalau bisa sertifikasi hanya untuk kelas basic saja. Standardisasi manajemen. Operasional, kepala gudang, hingga tim AE.
 
Eranya harus sudah standar. Risyad mengungkapkan dirinya tidak bisa membaca masa depan, tapi minimalnya ia harus merencanakan masa depan.
Baca juga: Menparekraf canangkan event internasional islamic tourism di Aceh
Baca juga: Industri "event" di Jakarta dinilai butuh dukungan sarana-prasarana
Man power, jenis usaha dan produknya pun sertifikasi, seperti Marketing Komunikasi (Markom), manajemen venue, event logistic itu yang berkaitan dengan kami yang spesifiknya mungkin ada tapi belum dapat menyeluruh seperti audio engineer, lighting desainer, untuk visual, electric, bahkan safety.

Maka dari itu Rental Indonesia berusaha mendorong beberapa poin di atas untuk disertifikasikan dan masuk ke company profile agar mendapat kepercayaan calon konsumen.
 
Komunitas Rental Indonesia Event Support merupakan perkumpulan pengusaha dan pelaku rental event support dari seluruh Indonesia.

Komunitas ini pada tanggal 14-16 Maret 2023 mengadakan Silaturahmi Nasional (SilatNas) Rental Indonesia di Jeep Station Indonesia (JSI), Megamendung, Bogor, Jawa Barat.
 
Tujuan utama dari kegiatan Silaturahmi Nasional Rental Indonesia Event Support adalah untuk meningkatkan kualitas nilai kekeluargaan, sinergisitas, solidaritas dan kekompakan dalam jaringan bisnis industri event di Indonesia.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023