Jambi (ANTARA) -
Universitas Jambi (Unja) dan University of Ljubljana, Slovenia, menyepakati kerja sama riset kolaboratif, pertukaran dosen, dan mahasiswa, serta penyelenggaraan kegiatan ilmiah.
 
Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jambi Ir. Yusrizal dalam siaran tertulis yang diterima di Jambi, Jumat, mengatakan kesepahaman yang tertuang dalam MoU ini merupakan bagian dari perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
"Ada mencakup beberapa poin penting yakni pertukaran dosen dan mahasiswa, kolaborasi riset dan publikasi, dosen tamu," kata dia.
 
Selain itu kerja sama ini juga mencakup kolaborasi penyelenggaraan seminar dan konferensi ilmiah dalam mendukung pencapaian visi Unja Smart.

Baca juga: Pendaftar jalur SNBP Universitas Jambi capai 16 ribu orang

Baca juga: Unja-Universitas di Belanda, Prancis, dan Slovenia jalin kerja sama
 
Rektor University of Ljubljana Prof Gregor Majdič menyampaikan apresiasi dan komitmen penuh dalam mendukung kerja sama itu, terutama MoU ini selaras dengan upaya internasionalisasi dan penguatan pertukaran pengetahuan dan riset secara global dengan keunggulan kajian pada masing-masing kawasan.
 
University of Ljubljana saat ini sedang menyiapkan daftar program master dan doktoral yang akan diajukan ke pemerintah Indonesia untuk menjadi bagian dari daftar target beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
 
Komunikasi dua arah juga dilakukan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wina, Austria, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Slovenia dalam rangka pengembangan pendidikan untuk memperluas akses mahasiswa dan dosen dari Indonesia dalam menempuh studi di Slovenia, termasuk dari Unja.
 
Penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan di Ljubljana, ibu kota negara Slovenia.
 
Selain Slovenia, Unja saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi di Belanda dan Prancis terkait riset dan pertukaran mahasiswa.
 
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unja Prof Rayandra Asyhar di Jambi menjelaskan jenis kolaborasi yang bisa dibangun dari kunjungan tiga negara tersebut meliputi riset, publikasi, Ph.D. program, pertukaran mahasiswa, tim pengajar dan bimbingan.
   

Pewarta: Tuyani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023