akan terus memantau pangan yang dijajakan di seluruh pasar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menjamin pedagang di pasar tradisional maupun swalayan menjual  bahan pangan berkualitas menyambut Ramadhan.

"Kami menjamin mutu terhadap bahan pangan, kedua kemasan terhadap barang barang tersebut harus bagus sehingga layak untuk dijual," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko,  di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Jumat.

Terkait hal itu, Yani memastikan akan terus memantau pangan yang dijajakan di seluruh pasar agar warga mendapatkan bahan pangan yang bersih tanpa bahan pengawet.

Pemkot Jakarta Barat sendiri saat ini memang tengah melakukan pengawasan pangan secara rutin sebanyak dua kali dalam sepekan.

Pemantauan itu dilakukan oleh petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat.

Mereka mengambil sampel dari sayuran, buah buahan, daging hingga ikan untuk diteliti guna memastikan bahan pangan tersebut tidak mengandung pengawet.

Dengan upaya tersebut, dia berharap bahan pangan yang beredar di pasar bisa aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Perikanan Sudin KPKP Jakarta Barat, Sri Riana Hanim mengingatkan bisa mencabut izin berdagang jika menemukan pedagang berulang kali  menjual bahan pangan tidak layak.

"Sanksi tegasnya, kita tutup, tidak boleh jualan lagi. Kita cabut izinnya jika kedapatan menjual bahan pangan tak layak," kata Sri saat ditemui di Pasar Tomang Barat, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Rabu (23/3).
Baca juga: Pemprov DKI Jakarta kawal distribusi pangan jelang Ramadhan
Baca juga: Pemkot Jaktim cek stok pangan pasar tradisional jelang Ramadhan
Baca juga: Pemkot Jakbar dan Pasar Jaya gelar bazar pangan di seluruh kecamatan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023