Jakarta (ANTARA) - Pementasan teater monolog Cotton Candy diselenggarakan Regina Art dengan menampilkan seniman Joane Win berhasil mengharumkan nama Indonesia di Chicago, Amerika Serikat, kata  Konsul Jenderal Republik Indonesia di Chicago Meri Binsar Simorangkir.

“Pementasan teater ini dapat menjadi sarana diplomasi yang baik dalam mengangkat nama Indonesia ke dunia internasional,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Pementasan dilakukan di Indonesian Cultural Center Chicago, Amerika Serikat, Selasa (14/3). Dengan pendalaman karakter yang baik, Joane Win membawakan karakter tokoh Lisa sebagai penyintas kekerasan seksual secara mendalam, Joane mampu membuat beberapa penonton menangis terharu saat menonton pertunjukan tersebut.

Tanggapan positif diberikan oleh Alicia Katrina Hartono, generasi keempat Group Djarum yang saat ini sedang meneruskan pendidikan Manufacturing and Design Engineering di Chicago.

"Ini kali pertama saya menonton monolog yang sangat intens, tema yang diangkat Cotton Candy juga sangat penting mengenai korban kekerasan seksual. Cara Joane Win dalam mengeksplorasi panggung saat menyampaikan cerita juga sangat efektif. Sebagai orang Indonesia saya ikut bangga,” kata dia.

Baca juga: Perempuan Indonesia tampilkan monolog kekerasan di New York AS

Mahasiswa Northwestern Pritzker School of Law, Chicago, Jaclyn, mengaku bangga bisa melihat seniman Indonesia di Chicago.

“Mengangkat tema kekerasan seksual pada perempuan sangat tepat sekali karena pada bulan Maret diperingati Hari Perempuan Internasional. Pementasan ini sangat menarik untuk melihat perspektif dari sisi korban. Saya juga merasa pesannya sangat kuat dan berkaitan dengan pendidikan saya tentang bagaimana sistem keadilan bagi korban kekerasan seksual,” katanya.

Jurnalis New York Times dan penulis buku "bestseller", Ted C. Fishman, mengatakan tema monolog Cotton Candy relevan dengan perjuangan para penyintas kekerasan seksual.

Dalam Catatan Tahunan Komnas Perempuan tahun 2023, ada 457.895 kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Indonesia pada 2022. Angka itu menurun dibandingkan dengan sebelumnya.

Baca juga: Aktris Indonesia ekspresikan penyintas kekerasan seksual di teater AS
Baca juga: Jinyoung GOT7 ekspresikan perasaan lewat "Cotton Candy"


Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023