Banda Aceh (ANTARA) - PMI Kota Banda Aceh kembali menyerahkan donasi kemanusiaan peduli Turki sebesar Rp20 juta lebih kepada PMI Provinsi Aceh untuk kemudian disalurkan ke Turki melalui PMI Pusat.

"Alhamdulillah, donasi dari masyarakat Aceh ini akan segera disalurkan untuk korban bencana gempa Turki," kata Ketua PMI Aceh Murdani Yusuf, di Banda Aceh, Ahad.

Bantuan tersebut terkumpul setelah PMI Kota Banda Aceh membuka donasi bagi para dermawan sejak 12-27 Februari 2023. Dari penggalangan ini, terkumpul donasi sebanyak Rp20,3 juta.

Donasi yang dikumpulkan berasal dari beberapa kegiatan, salah satunya lelang produk pada malam amal yang diselenggarakan PMI Kota Banda Aceh bersama Hotel Kyriad Muraya dan UMKM Ija Kroeng.

Baca juga: Pemko Banda Aceh salurkan bantuan kemanusiaan Rp400 juta untuk Turki

Baca juga: Pemkot Sabang sumbang dana Rp181 juta bagi korban gempa Turk-Suriah


Murdani mengatakan donasi yang dikumpulkan oleh PMI Banda Aceh dan jajaran PMI kabupaten/kota lainnya bakal diserahkan kepada PMI Pusat sebelum disalurkan kepada korban terdampak gempa Turki.

Murdani menyampaikan saat ini sudah ada beberapa PMI kabupaten/kota yang telah menyerahkan donasi ke PMI Provinsi Aceh. Maka nantinya setelah semua daerah menyerahkan, baru dikirim ke PMI pusat atas nama masyarakat Aceh.

"Kami ucapkan terima kasih banyak untuk semua dermawan dan donatur yang sudah ikhlas memberi. Semoga kebaikan para dermawan semua mendapat balasan dari Allah SWT," ujar Murdani.

Sementara itu, Ketua PMI Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mengirimkan donasi melalui PMI.

Kata dia, Turki saudara tua yang secara historis memiliki hubungan emosional cukup dekat dengan Aceh, saat ini sedang ditimpa musibah gempa yang menyebabkan banyak bangunan runtuh serta menimbulkan banyak korban jiwa.

Haeqal menambahkan, melihat kondisi bencana Turki yang cukup besar, sudah sepatutnya masyarakat Aceh mengulurkan tangan membantu meringankan beban, baik lewat doa, materi, maupun ikhtiar lainnya.

"Kita berharap donasi yang dikumpulkan masyarakat Aceh, baik melalui PMI maupun lembaga lainnya, bisa berdampak besar mengurangi beban korban terdampak gempa Turki," demikian Haeqal.

Untuk diketahui, sebelumnya PMI Pusat sudah merespon gempa bumi di Turki dengan menyerahkan donasi yang diterima oleh Dubes Turki untuk Indonesia.

Selain itu, PMI Pusat juga telah melakukan mobilisasi relawan ke wilayah terdampak bencana di Turki. Langkah itu dilakukan untuk membantu evakuasi dan medis kepada warga terluka.*

Baca juga: PLN UID Aceh serahkan donasi Rp63 juta untuk korban gempa Turki

Baca juga: Keluarga besar Disdik Aceh donasikan Rp1 M untuk korban gempa Turki

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023