Alhamdulillah, hari ini saya mewakili Kota Sabang telah menyerahkan donasi hasil penggalangan dana dari masyarakat Sabang kepada Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk korban bencana gempa di Turki dan Suriah
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh  menyerahkan donasi sebesar Rp181 juta kepada Pemerintah Aceh, untuk selanjutnya disalurkan kepada korban bencana gempa bumi yang melanda negara Turki dan Suriah.

"Alhamdulillah, hari ini saya mewakili Kota Sabang telah menyerahkan donasi hasil penggalangan dana dari masyarakat Sabang kepada Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk korban bencana gempa di Turki dan Suriah ," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan bantuan kemanusiaan tersebut merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian Pemkot Sabang bersama unsur Forkopimda, instansi vertikal, komunitas serta seluruh elemen masyarakat di Pulau Weh Sabang itu, atas musibah yang menimpa warga Turki dan Suriah.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat memberi manfaat dan bisa sedikit meringankan beban korban gempa di Turki dan Suriah.

"Mari bersama kita berdoa agar saudara kita diberikan kesabaran dan ketabahan menghadapi musibah ini," ujarnya.

Pemerintah Kota Sabang mengumpulkan donasi untuk korban gempa Turki dan Suriah sejak dua pekan terakhir, yang difasilitasi oleh Bagian Kesra Setda Kota Sabang, sebagai tindak lanjut dari instruksi Penjabat Wali Kota Sabang Reza Fahlevi melalui surat edarannya.

Sebelumnya, musibah gempa bumi berkekuatan magnitudo melanda Turki dan Suriah awal bulan lalu, dan telah mengakibatkan puluhan ribu orang meninggal dunia dan berbagai bangunan serta fasilitas di kedua negara tersebut rusak berat.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), gempa dahsyat itu telah menewaskan lebih dari 44 ribu orang di Turki dan sekitar 6.000 ribu orang di Suriah.

Baca juga: Keluarga besar Disdik Aceh donasikan Rp1 M untuk korban gempa Turki

Baca juga: Pemkot Sabang ikut galang dana untuk korban gempa Turki dan Suriah

Baca juga: Ponpes Hafidz Quran Sulaimaniyah Turki hadir di Sabang

Baca juga: Sabang himpun dana Rp126 juta untuk korban gempa Turki dan Suriah

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023