Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu yang banyak mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) wajibkan seluruh dokter praktek mandiri untuk akreditasi melalui platform SatuSehat hingga persiapan pengamanan mudik.

Berikut ringkasan berita humaniora pada Minggu:

1. Kemenkes wajibkan dokter praktek mandiri akreditasi via SatuSehat

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewajibkan seluruh dokter praktek mandiri untuk melakukan akreditasi melalui platform SatuSehat guna membenahi data dokter di Indonesia.

"Saya maunya self register, self reporting, gak dikirimin asesor, yang penting teregister," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam dengar pendapat publik RUU Kesehatan yang diikuti dari YouTube Kemenkes di Jakarta, Ahad.


2. 13 hari pencarian, Tim SAR setop operasi korban longsor Serasan Natuna

Tim Gabungan Tanggap Bencana Longsor Serasan dan Serasan Timur hentikan pencarian korban tanah longsor di Kampung Molon, Genting, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), setelah melakukan pencarian selama 13 hari sejak Senin (6/3).

"Saya selaku Komandan Tim Gabungan Tanggap Bencana, memohon maaf yang sebesar besarnya kepada pihak keluarga seluruh korban, apabila upaya kami belum maksimal. Namun kami sudah mencoba melakukan semua hal yang bisa kami lakukan. Kepada keluarga korban yang belum dapat diketemukan, sekali lagi kami memohon maaf sekiranya keluarga dapat mengikhlaskan," kata Bupati Natuna Wan Siswandi di Serasan, Ahad.


3. Menko: Lakukan konvergensi penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan konvergensi program penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

"Konvergensi program dengan melibatkan semua pemangku kepentingan menjadi kunci utama dalam penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting," kata Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Ahad.


4. Menaker berpesan agar pekerja migran ikuti peraturan kerja & disiplin

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berpesan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) agar mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku dan bekerja dengan baik dan disiplin sesuai dengan tugas kerjanya.

"Jangan menyepelekan pekerjaan, tetap perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja untuk diri kalian semua. Gunakan alat-alat kerja sesuai dengan SOP-nya," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.


5. Menhub: Persiapan pengamanan mudik lebih dini agar bisa diperbaiki

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan persiapan pengamanan mudik Lebaran tahun ini dilakukan sejak dini, agar kekurangannya bisa langsung diperbaiki.

"Persiapan (pengamanan mudik) kita lakukan sejak dini. Sehingga kita bisa lebih siap lagi, dan masih punya waktu untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada," kata Menhub saat rapat koordinasi di Kantor Jasa Marga KM 70B Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Ahad.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023