Alhamdulillah Babel menempati posisi ke-3 sebagai provinsi terbaik dalam penanganan pandemi COVID -19 wilayah Sumatera
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan penghargaan terbaik kategori III Penanganan Pandemi COVID-19 Wilayah Sumatera, sebagai wujud keberhasilan pemerintah daerah dalam mengendalikan penyebaran virus corona.

“Alhamdulillah Babel menempati posisi ke-3 sebagai provinsi terbaik dalam penanganan pandemi COVID -19 wilayah Sumatera,” kata Pj Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Senin.

Dikatakannya, tiga tahun lalu pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, sehingga membuat semua orang baik nasional maupun daerah ikut bersama-sama menangani pandemi ini.

Untuk itu, kata dia, dengan membaiknya kondisi saat ini, maka dapat dikatakan menuju ke arah endemik, kemudian Presiden Joko Widodo melakukan evaluasi yang dilanjutkan dengan pemberian apresiasi berupa apresiasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

“Penghargaan ini diraih karena tindakan yang telah dilakukan teman-teman kita, pertama dari segi regulasi kita membuat regulasi yang diperlukan, kemudian membuat infrastruktur yang memadai seperti rumah sakit khusus, mengubah beberapa tempat sebagai lokasi isolasi, melakukan vaksinasi, dan membuat aplikasi untuk melawan covid -19, serta gelang untuk tetap di rumah," ujarnya.

Selain itu, keberhasilan ini juga berkat partisipasi masyarakat yang solid bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel, serta pihak-pihak lain yang bekerja keras mengatasi pandemi ini.

“Yang terpenting dalam hal ini adalah partisipasi masyarakat. Kita memiliki desa mandiri yang kuat dimana peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19,” kata Ridwan Djamaluddin.

Kepala Kantor Sekretariat Satgas Penanganan COVID-19 Kepulauan Babel Mikron Antariksa mengatakan, COVID-19 tidak bisa ditangani sendiri, maka langkah awal yang dilakukannya adalah berkoordinasi terlebih dahulu dengan stakeholder terkait , forkopimda , dan masyarakat.

“Alhamdulillah, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Babel menurun, dengan jumlah pasien COVID-19 tinggal 11 orang saja,” katanya.

Baca juga: Pemprov Babel mewajibkan ASN melaporkan riwayat kesehatan

Baca juga: Gugus Tugas: 113,48 persen bayi di Babel menerima vaksinasi COVID-19 lengkap

Baca juga: Babel siapkan lapak vaksin COVID-19 di Kantor Gubernur

Baca juga: Menghadapi pandemi influenza, Babel menyusun dokumen kontingensi

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023