Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan parpol ini sudah memiliki segudang rencana kegiatan selama Ramadhan 1444 Hijriah yang akan dimulai menjelang akhir Maret 2023, salah satunya membagikan makanan.

"Jadi, nanti ada kolaborasi antara Badan Kebudayaan Nasional PDIP dengan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) membuat dapur umum dengan kekuatan perempuan dari partai dikerahkan. Jadi, partai membuat buka puasa hasil masakan dari Baguna," kata Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurutnya, partai telah memerintahkan Ketua DPP Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning bersama Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) membuat dapur umum. Selain itu, Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDIP akan menggelar acara terkait spiritualitas.

"Jadi, Mbak Ning (sapaan Ribka Tjiptaning) diperintahkan selama bulan Ramadan untuk membuat dapur umum," kata Hasto.

Baca juga: Sekjen PDIP: Pertemuan Megawati-Jokowi bahas kepemimpinan nasional
Baca juga: Sekjen PDIP tegaskan momentum deklarasi capres diputuskan Megawati


Nantinya, katanya, dapur umum akan menyediakan makanan dan minuman bagi umat Islam untuk berbuka puasa.

Selain dapur umum, ia mengatakan  PDIP membuat acara menarik yang tayang di akun YouTube PDIP selama Ramadhan.

"Nanti dimulai sahur sampai buka puasa ada dari BKNP dan Bamusi merancang kerja sama di Studio PDI Perjuangan" ujar Hasto.

Nantinya, kata dia, studio televisi tersebut menyiarkan seluruh program selama bulan puasa.

Sebagai partai identitas nasionalis, ujar Hasto, PDI Perjuangan akan mengadakan acara pada Lebaran 2023, termasuk puasa, Nyepi, Paskah, Natal, dan seluruh peringatan hari besar agama karena menyadari pentingnya spiritualitas.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023