Jakarta (ANTARA) - Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia (World Oral Health Day/WOHD) pada 20 Maret, Pepsodent mengajak masyarakat Indonesia untuk rutin konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali melalui kampanye #KonsultasiGigiSekarang: Gigi Kuat untuk Senyum Indonesia.

Baca juga: Pepsodent perluas akses "teledentistry" gratis mulai April

Direktur Personal Care Unilever Indonesia Ainul Yaqin mengatakan, kampanye tersebut merupakan bentuk komitmen bahwa perusahaannya dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan, salah satunya melalui edukasi terhadap kesehatan gigi dan mulut.

"Unilever Indonesia melalui Pepsodent ingin menjadikan WOHD 2023 sebagai momen untuk mengedukasi serta mengubah perilaku masyarakat untuk mempunyai kebiasaan sikat gigi dua kali sehari di waktu yang tepat dan konsultasi ke dokter gigi enam bulan sekali," kata Ainul saat konferensi pers di Jakarta, Senin.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, hanya 2,8 persen masyarakat yang menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang benar yakni setelah sarapan dan sebelum tidur. Sementara itu, proporsi masalah gigi dan mulut mencapai 57,6 persen dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan kedokteran gigi hanya 10,2 persen.

Sebelumnya, dalam menyambut WOHD 2023, Unilever Oral Care Global dan Oral Health Foundation (Inggris) mengadakan roundtable discussion bersama pakar kesehatan gigi dan mulut dari enam negara yaitu Inggris, Vietnam, Ghana, Indonesia, Tunisia dan Bangladesh guna menggali insight tentang tantangan dalam menerapkan kebiasaan baik berkonsultasi ke dokter gigi, dan bagaimana teledentistry dapat menjadi solusi.

Adapun tantangan yang dihadapi Indonesia secara garis besar adalah faktor biaya, persebaran dokter gigi yang belum merata, serta jumlah dokter gigi di Indonesia yang masih terbatas.

Percaya bahwa setiap orang berhak memiliki akses ke konsultasi dan perawatan kesehatan gigi yang berkualitas di manapun mereka berada, kampanye #KonsultasiGigiSekarang: Gigi Kuat untuk Senyum Indonesia pun mengajak masyarakat memanfaatkan teledentistry.

Sejak 2020, Pepsodent telah menghadirkan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent" melalui WhatsApp: 0878-8876-8880 atau kode QR di kemasan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang, yang melibatkan 168 Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang dan 28 Fakultas Kedokteran Gigi.

Selain itu, di WOHD 2023 Pepsodent juga menyatukan komitmen lebih dari 5 ribu dokter gigi dari 88 PDGI cabang, 32 Fakultas Kedokteran Gigi -Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (FKG-RSGM) di Indonesia, serta 439 relawan dokter gigi Pepsodentist untuk mengedukasi kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari dan berkonsultasi ke dokter gigi, memberikan layanan teledentistry, dan memberikan perawatan gigi gratis pada 5 ribu masyarakat.

Kegiatan tersebut pun mendapatkan apresiasi dari President of FDI World Dental Federation Professor Ihsane Ben Yahya. Mengingat, jutaan orang di seluruh dunia memiliki akses terbatas ke perawatan gigi profesional dan WOHD menjadi peringatan global untuk mengintervensi kesehatan mulut masyarakat yang tidak memiliki akses ke edukasi dan perawatan gigi.

"Kami mengapresiasi upaya Unilever melalui Pepsodent bersama seluruh mitranya untuk berperan mengatasi permasalahan ini, sambil terus menyuarakan pentingnya kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari serta konsultasi gigi secara rutin demi menjaga kesehatan gigi dan mulut sepanjang hidup," katanya.

Baca juga: Gigi, Senyum dan Penampilan Anda

Baca juga: Tersenyumlah bila ingin awet muda

Baca juga: Ratusan siswa SD Jabodetabek sikat gigi bersama di peringatan HKGN

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023