Palangka Raya (ANTARA) - Ribuan warga di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), antusias mengikuti Pawai Tarhib dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 2023 Masehi/1444 Hijriah.

"Peserta pawai hari ini sangat banyak, laporan panitia 8.000 lebih pesertanya. Terima kasih pada seluruh peserta yang antusias menyambut bulan Ramadhan 1444 hijriah ini," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di Palangka Raya, Selasa.

Melalui Pawai Tarhib tersebut, kepala daerah termuda di Kalteng itu juga mengajak seluruh umat Islam di kota setempat selalu menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai agama Islam dalam setiap sisi kehidupan.

"Apalagi, Agama Islam adalah agama yang "rahmatan lil alamin" atau agama yang menyebarkan kasih sayang dan kebaikan untuk seluruh alam. Sehingga, pemeluk Agama Islam harus bisa selalu membawa kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam," katanya.

“Untuk itu, momen bulan Ramadhan ini harus bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan toleransi, keberagaman, kebersamaan, saling menghormati, saling menghargai dan menjaga lingkungan kita tetap kondusif,” kata Fairid.

Baca juga: Ribuan warga OKU Sumsel adakan pawai obor sambut Ramadhan 1444 H

Baca juga: Ribuan muslim di Palu gelar pawai obor sambut Ramadhan
Siswa TK menjadi peserta Pawai Tarhib menyambut Ramadhan di Kota Palangka Raya, Selasa (21/3/2023). (ANTARA/Rendhik Andika)
Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Palangka Raya, Muhammad Khemal Nasery mengatakan, antusias warga "Kota Cantik" untuk menjadi peserta maupun yang menyaksikan pawai sangat tinggi.

"Bahkan sampai penutupan pendaftaran peserta, data yang masuk ada 8.500 lebih peserta pawai. Belum lagi warga yang menyaksikan di sepanjang jalur pawai. Tentu ini sangat menggembirakan," katanya.

Kemal mengatakan, selain dalam rangka menyambut Ramadhan, Pawai Tarhib ini juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Sementara itu, berdasarkan data PHBI Palangka Raya, jumlah peserta pawai kurang lebih 8.500 lebih, berasal dari 150 lebih instansi berbeda yang terdiri dari TK/RA, SD/MI, TKA/TPA/TPQ, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi, Pondok Pesantren, Paguyuban, Instansi Pemerintah, dan Umum. Serta ada mobil hias sebanyak 132 unit.

Pantauan di sekitar lokasi pelepasan pawai, sejak sebelum acara dimulai, masyarakat di Kota Palangka Raya mulai memadati kawasan Stadion Sanaman Mantikei serta tepian jalan yang dilalui peserta pawai.

Tak hanya orang dewasa, remaja atau orang tua, bahkan anak-anak pun turut menyaksikan acara yang diselenggarakan PHBI Kota Palangka Raya menyambut Ramadhan 1444 Hijriah.
 
 
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023