Program ini khusus bagi pemegang KTP Bali
Denpasar (ANTARA) - Kebun Binatang Bali atau Bali Zoo di Kabupaten Gianyar menawarkan potongan harga sebesar Rp80 ribu untuk paket wisata keluarga selama periode libur Hari Suci Nyepi pada 23-26 Maret 2023.

“Program ini khusus bagi pemegang KTP Bali,” kata Kepala Hubungan Masyarakat Bali Zoo Emma Kristiana Chandra di Desa Singapadu  Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa.

Adapun harga yang ditawarkan dalam program khusus libur Nyepi itu untuk dua dewasa dan dua anak mencapai sebesar Rp310 ribu.

Sedangkan harga normal untuk dewasa per orang adalah Rp110 ribu dan anak-anak Rp85 ribu. Jika dua orang dewasa dan dua anak-anak maka total tarifnya sebesar Rp390 ribu.

Bali Zoo terletak di Jalan Raya Singapadu di Desa Singapadu, Gianyar, Bali dengan jarak sekitar 28 kilometer dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Tuban, Kabupaten Badung.

Kebun binatang pertama di Bali dengan luas sekitar 12 hektare itu memiliki koleksi sekitar 500 satwa dan 65 spesies baik endemik Bali, Indonesia, Afrika dan Asia.

Baca juga: Perkembangan lembaga konservasi dibahas pada konferensi SEAZA di Bali

Baca juga: Gajah Sumatera lahirkan anak pertama di Bali Zoo


Wahana konservasi satwa itu rata-rata menarik sebanyak 700-800 pengunjung saat hari kerja dan saat akhir pekan tingkat kunjungan meningkat hingga kisaran 1.200 orang pengunjung.

Hari Suci Nyepi, Tahun Baru Saka 1945 jatuh pada Rabu (22/3) dan dilanjutkan dengan cuti bersama pada Kamis (23/3).

Saat cuti bersama Nyepi diperkirakan menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk melakukan kunjungan wisata di sejumlah destinasi di Pulau Dewata.

Rangkaian Nyepi mulai dilakukan sejak Sabtu (18/3) di beberapa wilayah di Bali hingga Senin (20/3) yakni pelaksanaan Upacara Melasti yang bermakna penyucian dan pembersihan alam semesta menjelang Nyepi.

Sehari sebelum Nyepi atau pada Selasa (21/3) umat Hindu melaksanakan Upacara Tawur Agung Kesanga yang bermakna kesejahteraan dan keselarasan alam.

Kemudian, saat Nyepi, ada empat pantangan wajib dilaksanakan atau Catur Brata Penyepian untuk instrospeksi diri yakni tidak menyalakan api dan lampu, tidak beraktivitas atau bekerja, tidak bepergian dan tidak bersenang-senang.

Baca juga: Bali Zoo rayakan "International Tiger Day"

Baca juga: Sandiaga tinjau secara komprehensif terkait usulan pencabutan VoA

Baca juga: Sandiaga bentuk satgas untuk awasi sistem pariwisata di Bali

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023