Dalam konferensi ini kami saling berdiskusi dan berbagi, serta membangun jejaring demi masa depan lembaga konservasi satwa yang lebih baik
Badung, Bali (ANTARA) - Asosiasi Kebun Binatang Asia Tenggara (South East Asian Zoos and Aquariums Association/SEAZA) membahas masa depan lembaga konservasi satwa yang lebih baik melalui penyelenggaraan konferensi di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

"Dalam konferensi ini kami saling berdiskusi dan berbagi, serta membangun jejaring demi masa depan lembaga konservasi satwa yang lebih baik," kata Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia Rahmat Shah, di Badung, Senin.

Konferensi ke-30 SEAZA itu mengusung tema “Stronger Together, For Sustainable Conservation & Eco-Tourism” yang mencerminkan semangat bersama dalam menghadapi kondisi pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

Ia mengatakan dunia bisa belajar kebersamaan dan semangat bangkit sebagai kunci kekuatan menuju masa depan yang cerah. Karena pandemi global tidak hanya berdampak pada manusia, tetapi juga mempengaruhi semua sektor termasuk dunia usaha kepariwisataan yang berdampak juga pada kondisi lembaga konservasi.

"Namun kewajiban dan tanggung jawab merawat dan melestarikan satwa ada di pundak kami semua," katanya.

Ia menjelaskan Bali dipilih sebagai tempat konferensi organisasi kebun binatang regional se-Asia Tenggara yang beranggotakan lembaga konservasi serta kebun binatang di Asia Tenggara itu karena memiliki pemandangan alam, tradisi, seni dan budaya yang indah.

Selama kegiatan konferensi di "Pulau Dewata" itu akan ada 10 anggota PKBSI di Bali yang bisa dijadikan pilihan bagi para peserta konferensi SEAZA untuk dikunjungi sekaligus sebagai tempat studi.

"Setiap tahun, SEAZA menyelenggarakan konferensi tahunan yang dihadiri anggota dan delegasi berbagai kebun binatang dari negara di Asia, Amerika, Timur Tengah, Australia dan Eropa. Tahun ini, kami dipercaya menjadi pelaksana konferensi dan kami memilih Bali yang sudah berpengalaman menjadi tuan rumah kegiatan besar berskala internasional," kata Rahmat Shah.

Chair of Animal Welfare & Ethics sekaligus Organizing Committee of 30th SEAZA Conference, Willem Manansang menambahkan konferensi itu diikuti oleh 174 partisipan yang datang dari 20 negara.

Negara-negara tersebut diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar, Vietnam, Singapura, Taiwan, Thailand, Hongkong, Jepang, Australia, Afrika Selatan dan Inggris.

"Para peserta saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan keberhasilan yang dilalui termasuk bagaimana strategi dalam menghadapi krisis pandemi COVID-19," demikian Willem Manandang.

Baca juga: PKBSI galang donasi untuk satwa lewati masa pandemi COVID-19

Baca juga: Hadirnya negara saat lembaga konservasi satwa terdampak pandemi

Baca juga: KLHK: Indonesia kantongi sejumlah prestasi lewat konservasi satwa liar

Baca juga: Rumah Zakat salurkan bantuan pakan satwa ke 13 kebun binatang


 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022