Jakarta (ANTARA) - Taman Margasatwa Ragunan meningkatkan sejumlah fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan pengunjung kebun binatang tersebut selama musim libur Lebaran tahun ini.

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat ditemui di Jakarta, Kamis, mengatakan peningkatan yang dilakukan untuk menyambut Lebaran antara lain ialah pembuatan fasilitas kesehatan hingga penambahan toilet.

“Fasilitas kita siapkan, terutama fasilitas kesehatan kita siapkan beberapa unit posko kesehatan dan ambulans untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga pada pengunjung yang sakit. Toilet diperbanyak juga karena mendapat bantuan dari instansi. Dan untuk mengantisipasi kemungkinan kita siapkan pemadam kebakaran,” kata Wahyudi.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan dipadati pengunjung pada H+1 Lebaran

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan juga menambah area parkir sehingga lokasi wisata itu bisa menampung 5.000 unit mobil.

"Kita menyiapkan beberapa area parkir tambahan, ya, seperti biasa kita tambahkan area parkir di dalam yang kurang lebih bisa menampung 5000 unit mobil. Kemudian, untuk kendaraan roda dua maksimal bisa menampung 14 ribu motor,” kata Wahyudi.

Persiapan keamanan juga telah dilakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan aparat terkait lainnya untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama periode libur.

Peningkatan fasilitas di Taman Margasatwa Ragunan dilakukan untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang diprediksi naik selama periode libur Lebaran tahun ini. Dengan berbagai peningkatan fasilitas tersebut, Wahyudi berharap semua pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan dan aman.

Berbagai persiapan dan peningkatan fasilitas tidak membuat harga tiket kebun binatang naik. Taman Margasatwa Ragunan memberlakukan harga tiket normal yaitu Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Harga tiket tersebut belum termasuk fasilitas parkir kendaraan. Untuk motor, Taman Margasatwa Ragunan mematok harga Rp3.000 sementara mobil Rp6.000 untuk sekali masuk.

Kendaraan berupa bus besar diberikan tarif parkir Rp12.500 sekali masuk, bus kecil Rp12.500 dan sepeda Rp1.000.

Jika ingin masuk ke Pusat Primata Schmutzer, yang berada di dalam Taman Margasatwa Ragunan, pengunjung perlu membayar lagi Rp6.000 pada hari biasa dan Rp7.500 pada akhir pekan. Taman Satwa Anak dapat dikunjungi dengan tarif Rp2.500 untuk dewasa dan anak-anak.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan siapkan kantong parkir sambut libur Lebaran

Baca juga: Isi libur Lebaran, pengunjung Ancol beri makan rusa di Ecopark

Baca juga: Wisata Kota Tua jadi pilihan masyarakat untuk mengisi libur lebaran

Baca juga: GWK hadirkan fasilitas baru sambut libur Lebaran

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024