Setiap kandang memiliki perawat yang selalu waspada
Jakarta (ANTARA) -
Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengklaim seluruh hewan dalam keadaan sehat kendati para satwa tidak mendapatkan libur selama periode Natal hingga Tahun Baru 2024, yakni dari 19 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Dengan demikian, pengelola baru memberikan libur kepada satwa pada Selasa ini setelah memberikan hiburan kepada masyarakat selama Natal dan Tahun Baru.

"Hari ini libur satwa, tidak ada yang tidak sehat, satwa kami semua sehat," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Bambang mengatakan selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meskipun tidak ada libur satwa pihaknya tetap memberikan perhatian maksimal terhadap kesehatan satwa. 

Dokter hewan dan perawat satwa terus berjaga-jaga untuk memastikan kesehatan dan kondisi satwa tetap optimal.

"Setiap kandang memiliki perawat yang selalu waspada dan ada lima dokter hewan yang bersiaga, pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap saat tidak mesti menunggu libur satwa," ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya melakukan pembenahan dan pembersihan mulai dari toilet umum, fasilitas publik hingga pemeliharaan kandang satwa di seluruh kawasan Taman Margasatwa Ragunan setelah dua pekan tidak ada libur satwa.

"Kami juga menambah fasilitas kandang, seperti menambah ranting kayu untuk tempat bermain satwa, agar mereka tetap aktif dan sehat," tambah Bambang.

Sebelumnya, Pengelola Taman Margasatwa Ragunan memastikan kesehatan satwa tetap terjaga, meskipun libur satwa pada Senin (25/12) ditunda menjadi Selasa, 2 Januari 2024.

Bambang mengatakan pihaknya memastikan kesehatan satwa itu dengan memberikan vitamin penguat daya tahan tubuh hewan.

"Kami biasanya tambahkan vitamin supaya daya tahan tubuh hewan-hewan lebih kuat," kata Bambang, sapaan akrab Wahyudi Bambang.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa setiap perawat hewan di Ragunan senantiasa memperhatikan perilaku satwa yang ada di kebun binatang tersebut. Apabila ada satwa yang terlihat tidak sehat, ucap Bambang melanjutkan, perawat akan segera berkoordinasi dengan tim medis untuk mengambil penanganan kesehatan satwa lebih lanjut.

"Keeper atau perawat satwa selalu memperhatikan perubahan perilaku seluruh satwa. Apabila satwanya kelihatan kurang sehat, (mereka) langsung berkoordinasi dengan tim medis dari Ragunan," jelasnya.

Berikutnya, Bambang menyampaikan penundaan libur satwa diperbolehkan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur bagi Satwa pada Taman Margasatwa Ragunan.

"Memang sesuai ketentuan kalau libur satwa berada di tengah hari libur nasional, libur satwa kami undur," kata dia.

Baca juga: Pengunjung puas terhadap pelayanan Taman Margasatwa Ragunan 

Baca juga: Pengelola Ragunan ingatkan pengunjung pakai masker dan bawa payung

Baca juga: Ragunan diprediksi alami puncak keramaian pengunjung pada 1 Januari

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024