perbaikan yang sifatnya menyeluruh dan besar-besaran akan dilakukan setelah lebaran tahun ini
Medan (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan di Kota Medan, Sumatera Utara, menyebut Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo bersiap menyambut wisatawan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami menunda dulu penutupan Medan Zoo sebelum lebaran karena pengunjung yang datang diperkirakan akan ramai, seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Plt Dirut PUD Pembangunan Bambang Hendarto di Medan, Senin.

Pihaknya telah meminta izin kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution atas penundaan penutupan Kebun Binatang Medan sebelum Lebaran 2024.

Sebab, beberapa waktu lalu direncanakan penutupan Medan Zoo bakal dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah untuk dilakukan perbaikan.

"Pak Wali saat kita temui di kegiatan bersama anak yatim piatu kemarin secara lisan telah mengizinkan penutupan ditunda sampai liburan lebaran berakhir," tegas Bambang.

Baca juga: Wali Kota Medan akui Medan Zoo gagal membiakkan harimau
Baca juga: Pemkot diminta serius benahi "Medan Zoo" usai empat harimau mati


Menurutnya, selain banyaknya pengunjung yang datang saat liburan lebaran, dan juga karena warga Kota Medan khususnya, kalangan menengah bawah membutuhkan hiburan yang terjangkau.

Tercatat Medan Zoo yang terletak di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan pada Januari 2024 memiliki koleksi 110 satwa terdiri atas mamalia, reptil, dan aves.

"PUD Pembangunan membawahi unit bisnis Medan Zoo telah melakukan persiapan dan beberapa pembenahan sementara dibantu oleh Pemkot Medan," ujarnya.

Bambang juga menjelaskan bahwa tim arsitek telah datang ke Medan Zoo untuk melakukan pemetaan bagian-bagian yang akan dilakukan revitalisasi dan pengembangan nantinya.

"Progres perbaikan sarana Medan zoo telah dilakukan sementara, namun perbaikan yang sifatnya menyeluruh dan besar-besaran akan dilakukan setelah lebaran tahun ini," papar dia.

Sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution berencana menutup sementara Kebun Binatang Medan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah guna melakukan renovasi Medan Zoo yang memiliki total luas 30 hektare.

"Kita semua sepakat bahwa kita utamakan satwa dulu, baru kita prioritaskan pembenaran kandang. Sudah ada teknis pengerucutan, Insya Allah tahun ini dimulai," katanya.

Baca juga: Kebun Binatang Bali catat kenaikan pengunjung 100 persen 
Baca juga: Wamenparekraf Angela apresiasi KBS berinovasi pascapandemi COVID-19
Baca juga: Menparekraf: Pengelolaan kebun binatang harus secara serius


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024