Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Anna Agustina Ph.D mengatakan kolaborasi dan kerja sama menjadi salah satu kunci penting untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM).

"Salah satunya adalah kerja sama bidang pendidikan antara perguruan tinggi di dalam negeri dengan perguruan tinggi di negara lain," kata Anna Agustina usai acara Edutolia International Summit in Education and Collaboration (EISEC) di Jakarta, Selasa.

Anna yang merupakan Dekan Fikom Universitas Pancasila itu mengatakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendorong peningkatan mutu SDM melalui berbagai program.

Baca juga: CIPS: Perguruan tinggi asing dorong kualitas pendidikan tinggi RI

"Mutu sumber daya ini peningkatannya bertahap dari pendidikan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan hingga institusi pengampu proses pendidikan, mulai dari program studi, fakultas hingga universitas melalui program tri dharma perguruan tinggi," katanya.

Rambu-rambu implementasi sistem penjaminan mutu program studi dan universitas ini, kata dia, menjadi pedoman melakukan proses tri dharma perguruan tinggi.

"Di dalamnya ada peningkatan kapasitas pendidikan dan profesi dosen, jenjang akademik dosen hingga kapasitas mahasiswa seperti perlunya sertifikasi, pengalaman di bidang industri, keterlibatan mahasiswa dalam melakukan tri dharma perguruan tinggi di level nasional hingga internasional, serta lainnya," katanya.

Kegiatan sivitas akademika ini kemudian menjadi data pada laporan Pusat Data Direktorat Pendidikan Tinggi.

Baca juga: Kemendikbudristek: LOTEK kunci bangun reputasi perguruan tinggi

"Data-data tersebut menjadi materi monitoring dan evaluasi, yang secara berkala menjadi data dalam proses akreditasi institusi dan program studi. Level berikutnya adalah akreditasi internasional, suatu pengakuan dari masyarakat global terkait kemampuan dan kompetensi sivitas akademika Indonesia," katanya.

Untuk mendorong adanya kegiatan-kegiatan yang diakui oleh warga global, kata dia, maka sivitas akademika harus melakukan kolaborasi kegiatan tri dharma perguruan tinggi dengan universitas-universitas di luar negeri.

"Untuk itu, dalam kegiatan EISEC, Aspikom turut menyampaikan sejumlah hal yang diperlukan oleh perguruan tinggi dalam menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi luar negeri, yang dalam kesempatan ini adalah delegasi pendidikan dari negara Turki," katanya.

Baca juga: Nadiem dorong penciptaan perguruan tinggi bereputasi baik

EISEC merupakan ajang pertemuan dan kegiatan workshop yang dihadiri oleh 18 perguruan tinggi Turki dan 19 perguruan tinggi Indonesia untuk menjalin kerja sama dan kemitraan bidang pendidikan.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023