Karena bulan Ramadhan itu adalah bulan cinta kasih, bulan kasih sayang, sehingga kita harus lebih merekatkan persaudaraan kita kepada seluruh umat manusia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengajak umat Islam agar mengisi bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak amalan sebagai langkah meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

"Saya mengajak kepada seluruh umat Islam agar bisa lebih menyiarkan dan mengisi bulan Ramadhan dengan amalia-amalia Ramadhan," ujar Wamenag Zainut di Jakarta, Jumat.

Zainut mengatakan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat. Menurutnya, pahala dari setiap amalan baik akan dilipatgandakan oleh Sang Pencipta.

Bulan suci Ramadhan, kata dia,  juga bukan hanya untuk menahan haus dan lapar, melainkan juga momentum untuk meningkatkan kualitas diri agar semakin baik.

"Karena ini adalah bulan yang penuh dengan rahmat dengan maghfirah, Insya Allah pahalanya dilipatgandakan," kata Wamenag.

Baca juga: MUI mengajak warga Muslim memperbanyak kebaikan selama Ramadhan

Di samping itu Wamenag mengajak umat Islam untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk memperkuat persaudaraan antarsesama.

Menurut dia, segala bentuk pertengkaran dan permusuhan harus dijauhi. Sekalipun terdapat perbedaan, orang yang berpuasa pasti akan mengedepankan perdamaian dalam menyelesaikan perbedaan.

"Karena bulan Ramadhan itu adalah bulan cinta kasih, bulan kasih sayang, sehingga kita harus lebih merekatkan persaudaraan kita kepada seluruh umat manusia, " kata Wamenag Zainut Tauhid.

Ia juga meminta umat untuk menjaga kesucian Ramadhan, salah satunya dengan cara menjaga tempat-tempat ibadah agar tidak dimanfaatkan kegiatan politik praktis.

"Kita harus menjaga kesucian bulan Ramadhan dan juga tempat-tempat ibadah untuk tidak dimanfaatkan kegiatan politik praktis, karena itu akan bisa menimbulkan perpecahan antar-umat," kata Wamenag.

Baca juga: Jusuf Kalla: Masjid bukan untuk mimbar kampanye politik

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023