"Ada petahana yang namanya lolos tahapan tes wawancara dan kesehatan. 10 nama ini, berdasar ranking adalah yang selanjutnya kami sampaikan ke KPU RI,"
Palangka Raya (ANTARA) - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan 10 nama yang dinyatakan lolos tes wawancara dan kesehatan dan nama tersebut selanjutnya akan dikirim ke KPU RI.

"Ada petahana yang namanya lolos tahapan tes wawancara dan kesehatan. 10 nama ini, berdasar ranking adalah yang selanjutnya kami sampaikan ke KPU RI," kata Ketua Timsel Calon Anggota KPU Kalteng Darmae Nasir di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, 10 nama calon anggota KPU Kalteng periode 2023-2028 selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi uji kepatutan dan kelayakan yang dilaksanakan KPU RI.

Darmae menerangkan, ke-10 nama calon itu sesuai urutan abjad adalah Agus Sukron Ma'mun, Benny Setia, Dwi Swasono, Eko Wahyu Sulistyobudi, Harmain Ibrohim, Sastriadi, Siti Fathonah Purnaningsih, Tity Yukristina, Umar Zahid Bustomi dan Wawan Wiraatmaja.

Untuk 10 nama itu, nantinya akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dilaksanakan oleh KPU RI dengan rentang waktu antara 27 Maret sampai 1 Mei 2023.

Dari uji itu, nantinya KPU RI akan melaksanakan rapat pleno penetapan anggota KPU provinsi pada 1 April hingga 7 Mei. Sedangkan penetapan lima anggota KPU Provinsi Kalteng periode 2023-2028 dilaksanakan pada rentan waktu 13-15 Mei.

"Kemudian pelantikannya pada 24 Mei. Ini juga merupakan tugas akhir kami dari timsel yang di SK-kan KPU RI. Tugas kita hingga menyampaikan 10 nama ke KPU RI, yang akan nantinya melakukan fit and proper test," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Timsel Zainap Hartati menerangkan, empat petahana yang namanya masuk pada daftar 10 besar calon anggota KPU Kalteng adalah Eko Wahyu Sulistyobudi, Harmain Ibrohim, Sastriadi dan Wawan Wiraatmaja.

"Kami pun mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengikuti tahapan seleksi calon anggota KPU Kalteng. Termasuk peran perempuan yang sampai saat ini masuk pada 10 besar calon anggota KPU Kalteng," katanya.

Tim seleksi calon anggota KPU Kalteng terdiri dari lima akademisi yakni Darmae Nasir sebagai ketua, Zainap Hartati sebagai sekretaris dan sebagai anggota adalah Nurrahman Ramadani, Suparman dan Tresia Kristiana.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023