bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu dan Smile Train Indonesia
Mukomuko  (ANTARA) - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Al-Barra Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menggelar pelayanan pemeriksaan dan operasi bibir sumbing gratis dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-7 rumah sakit ini.

Manager Humas dan SDM RSIA Al-Barra Kabupaten Mukomuko Noveria di Mukomuko, Jumat, mengatakan, pelayanan pemeriksaan dan operasi bibir sumbing gratis dilaksanakan tanggal 29 Maret 2023.

"Kita bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu dan Smile Train Indonesia dalam memberikan pelayanan pemeriksaan dan operasi bibir sumbing di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan, ada satu orang dokter spesialis bersama dengan timnya dan tenaga anastesi yang akan memberikan pelayanan operasi bibir sumbing.

Selanjutnya dokter bersama dengan timnya akan melayani operasi perbaikan sudah operasi bibir yang tidak rapi, perbaikan sudah operasi langit tetapi masih bolong, sumbing hidung atau hidung miring, dan celah gusi.

Baca juga: PKK Sulsel dan PDGI gelar operasi celah bibir gratis di Palopo
Baca juga: PDGI Enrekang sukses tangani 22 pasien bibir sumbing dan lelangit

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih memberikan kesempatan kepada warga masyarakat di daerah ini yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi bibir sumbing.

"Kita tidak membatasi jumlah orang yang ingin mendaftarkan dirinya, sebanyak mungkin, asalkan bisa memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh tenaga medis," ujarnya.

Ia menyebutkan, persyaratan untuk mengikuti operasi bibir sumbing gratis, yakni pasien tidak dalam keadaan sakit seperti batuk, pilek, dan demam, berat badan minimal lima kilogram, usia minimal tiga bulan.

Kemudian persyaratan untuk menjadi pasien celah langit, yakni pasien tidak dalam keadaan sakit seperti batuk, pilek, dan demam, berat badan minimal 10 kg, dan usia minimal 12 bulan.

Ia mengatakan, sampai sekarang baru sebanyak 12 orang warga setempat mulai dari usia tiga bulan hingga 16 tahun yang telah mendaftar diri untuk mengikuti operasi bibir sumbing yang diselenggarakan oleh rumah sakit itu.

Baca juga: AS Watson umumkan 5.000 operasi korektif anak bibir sumbing

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023