Pekanbaru, (ANTARA) - Sekitar 1.200 orang telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan beasiswa yang diperuntukkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.

"Pendaftaran dilakukan secara daring dan dibuka sampai tanggal 22 Maret 2023," ucap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Tri Sepna Saputra, di Pekanbaru, Jumat.

Berdasarkan data, kata dia, untuk pendaftar beasiswa didominasi oleh mahasiswa jenjang pendidikan Strata Satu (S1), sedangkan untuk D3 (Diploma Tiga) masih sepi peminat.

Kemudian dari 1.200 mahasiswa yang sudah mendaftar secara daring terang Putra, yang telah mengembalikan berkas pendaftaran secara langsung ke Bagian Kesra baru sekitar 300 orang. Untuk pengembalian berkas secara langsung ini paling lambat tanggal 29 Maret 2023," ujarnya.

Baca juga: Kepri buka pendaftaran beasiswa mahasiswa 2023 mulai 3 Maret - 3 April
Baca juga: Pertamina Hulu Rokan buka program beasiswa bagi putra-putri Riau

Lebih jauh disampaikannya, mengingat pendaftar beasiswa dari D3 masih sepi peminat, pemerintah kota berkemungkinan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Tapi untuk S1 tidak diperpanjang karena sudah memenuhi kuota.

"D3 ini kalau dilihat dulu sampai tanggal 22 Maret memang masih sedikit yang mendaftar, kita perpanjang," paparnya.

Pemko Pekanbaru mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa ini kembali digulirkan setelah sempat dihapus sejak beberapa tahun terakhir.

Untuk besaran beasiswa sendiri lanjut dia bervariasi seperti untuk Strata Satu (S1) diberikan sebesar Rp4 juta dan Diploma Tiga (D3) Rp3 juta. Proses penyaluran bantuan beasiswa itu di Bagian Kesra Setdako Pekanbaru.

Baca juga: Pemkab Siak berikan beasiswa penuh 62 anak KPM PKH

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023