Banda Aceh (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK)  Hana Abelia Putri dari Prodi Pendidikan Kimia, Ahmad Hazim Fakhri  (Bahasa Inggris) dan Ari Zonanda  (Sosiologi FISIP) meraih juara III tingkat nasional dalam Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) II 2023.
 

Mahasiswa USK meraih juara III di tingkat nasional tersebut dengan memanfaatkan Ie Joek (air nira aren) sebagai inovasi gula semut aren yang memiliki antioksidan tinggi dan indeks glikemik (IG) rendah yang cocok bagi penderita diabetes, kolesterol, hipertensi, jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.
 

"Alhamdulillah semoga dengan adanya kegiatan kewirausahaan menjadikan mahasiswa lebih termotivasi untuk berwirausaha sehingga setelah lulus, bukan hanya siap mencari kerja, melainkan kami siap membuka lapangan pekerjaan dan menjadi SDM unggul," kata mahasiswa USK Hana Abelia Putri di Banda Aceh, Senin.
 

Ia menjelaskan produk mahasiswa USK tersebut tersedia dalam varian rasa original dan rasa jahe, yang dikemas dengan paper metallic serta dilengkapi zipper sehingga kualitas produk tetap terjamin.
 

Hana menuturkan, latar belakang inovasi mereka merujuk pada data IDF, di mana pada tahun 2021 diabetes merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia, Indonesia menempati posisi ke-6 dengan jumlah kematian 236 ribu jiwa, bahkan dapat dipastikan pada tahun 2030 prevalensi diabetes mencapai 643 ribu jiwa.

Ia mengatakan atas kekhawatiran sekaligus potensi tersebut, mereka memanfaatkan air nira aren (ie jôk) yang diberi nama Gula Joek Aceh sebagai pemanis alami yang praktis, menyehatkan, dan ekonomis serta gula joek Aceh (gula semut aren) juga memiliki daya simpan yang lebih lama daripada gula aren cetak.

Baca juga: Mahasiswa Unsyiah ciptakan robot terbang

Baca juga: Rektor Unsyiah: Rangking siswa peserta SNMPTN dilakukan sekolah

Baca juga: USK sediakan kuota 30 persen lewat jalur mandiri

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023