Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan segera menyerahkan daftar inventarisasi masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang Kesehatan kepada DPR RI.

Hal itu disampaikan Menkes usai menghadiri rapat terbatas tentang RUU Kesehatan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

"Jadi saya tadi presentasi respon kami (pemerintah) ke DPR seperti apa DIM-nya. Jadi Presiden sudah kasih arahan, kalau bisa dalam minggu ini posisi pemerintah sudah ada," kata Menkes.

Dia mengatakan penyerahan DIM kepada DPR dilakukan paling lambat pekan depan. Menurutnya ada sejumlah perubahan substansi salah satunya mengenai jumlah dokter.

Sebelumnya DPR RI telah resmi mengirimkan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan kepada pemerintah untuk dibahas melalui partisipasi publik.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebagai koordinator wakil pemerintah untuk membahas RUU Kesehatan bersama DPR.

Menteri lain yang ditunjuk termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

RUU yang telah disahkan sebagai inisiatif DPR pada sidang paripurna Februari 2023 itu, juga melibatkan Menteri Kesehatan untuk mengoordinasikan penyusunan DIM RUU bersama dengan menteri lain yang ditunjuk.

​​​​​Baca juga: Kemenkes: RUU Kesehatan memuat pasal kemandirian farmalkes Indonesia

Baca juga: Wamenkes: RUU Kesehatan usulkan izin praktik dokter dipermudah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023