Kepada masyarakat tetap waspada hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap potensinya terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Kepada masyarakat tetap waspada hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo di Medan, Selasa.

Ia mengatakan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Selasa (28/3) pagi cerah berawan, dan siang hingga sore hari berawan, serta berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah provinsi itu.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi cuaca ekstrem di sebagaian Sumatera Utara

Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di wilayah Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di wilayah Tapanuli Tengah, Labuhan Batu, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Kep. Nias dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 18-33 derajat Celcius, kelembapan udara 65 – 98 persen dan angin berhembus dari Timur Laut - Tenggara 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di sebagian Sumatera Utara

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023