Kudus (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp40 juta untuk membantu warga Kudus pulang ke kampung halamannya dari merantau di Jakarta dengan menyiapkan tiga unit bus.
 
"Karena pemerintah mengizinkan warga mudik, maka tahun ini Pemkab Kudus menganggarkan untuk menyediakan bus untuk menjemput warga Kudus yang berada di Jakarta agar bisa pulang ke kampung halamannya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto di Kudus, Selasa.
 
Ia mengungkapkan dari tiga bus yang disediakan, satu bus di antaranya dibantu oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kudus. Sedangkan kapasitas tempat duduknya ada 144 tempat duduk.
 
Tiga bus yang disediakan, imbuh dia, disewakan dari Jakarta sehingga nantinya ketika sudah ada jadwal pemberangkatan akan langsung dijalankan.
 
Untuk pemberangkatannya, kata dia, menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat karena saat ini semua bus sudah terisi penuh.
 
Sebelumnya, Dishub Kudus berkoordinasi dengan paguyuban warga Kudus yang ada di Jakarta untuk pendaftaran peserta mudik.
 
"Kami juga tetap melakukan verifikasi terhadap nama-nama yang disetorkan untuk memastikan bahwa mereka memang warga Kudus," ujarnya.
 
Ia berharap kegiatan mudik gratis tahun ini bisa terlaksana dengan lancar karena pada tahun 2020 dan 2021 sempat ditiadakan karena pandemi COVID-19. Sedangkan mulai tahun 2022 sudah bisa dilaksanakan kembali.
 
Sesuai rencana, pemberangkatan rombongan akan diawali dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
 
Sementara Cuti dan Libur bersama pada Lebaran 2023 berlangsung pada tanggal 19, 20, 21, 22, 23, 24, dan 25 April 2023.

Baca juga: Pemerintah sediakan layanan mudik gratis ke Pulau Raas di Sumenep

Baca juga: Pemerintah Provinsi Jawa Timur siapkan 161 bus mudik gratis

Baca juga: DKI tutup sementara pendaftaran mudik gratis

Baca juga: Kemenhub: Kuota mudik gratis dengan kapal laut terisi lebih 50 persen

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023